Sabtu, November 27, 2021

Wajib Tahu! Inilah Syarat Utama Jadi Sopir Tambang

Menjadi sopir yang bertugas mengemudikan mobil dan alat-alat besar di tambang tidaklah sembarang, karena setiap orang yang menekuni di bidang ini wajib memenuhi syarat utama yakni, memiliki SIM khusus berupa Surat Izin Mengemudi Perusahaan (Simper).

Apabila sudah mengantongi simper, maka sang sopir akan dengan sangat mudah untuk hilir mudik di area pertambangan. Kendati demikian, sosialisasi dan edukasi terkait pentingnya SIM khusus ini masih sangat jarang dilakukan pemerintah. Padahal kewajiban atas kepemilikan SIM khusus sudah tertuang aturannya di Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) No. 555 tahun 1995 artikel 28.

Keputusan Menteri tersebut secara menyeluruh menjelaskan tentang setiap perusahaan tambang diwajibkan mengadakan pendidikan dan pelatihan kepada karyawannya untuk menghadapi bahaya disesuaikan dengan jenis pekerjaan pada kegiatan usaha pertambangan. Salah satu bentuknya adalah dengan membuat SIM khusus untuk mobil pertambangan. 

Baca Juga : Inilah Tiga Lokasi Tambang Tertua di Dunia!

Dalam proses memperoleh SImper, pemohon terlebih dahulu harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) resmi dari Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) yang masih berlaku, yaitu SIM A (untuk mobil), SIM B1 (untuk truk/bus), dan SIM B2 (untuk alat berat).

Related Articles

Indonesia
8,226
Total active cases
Updated on November 27, 2021 8:22 pm

Latest Articles