Minggu, Februari 25, 2024
Berita TambangYeay HPE Pertambangan Februari 2022 Naik, Ini Rinciannya!

Yeay HPE Pertambangan Februari 2022 Naik, Ini Rinciannya!

HPE pertambangan naik – Harga produk pertambangan 2022 mengalami kenaikan dibanding Desember 2021. Kenaikan itu didorong oleh peningkatan permintaan pada hampir seluruh komoditas produk pertambangan. 

Pada periode Februari ini, komoditas konsentrat tembaga, konsentrat besi, konsentrat besi laterit, konsentrat timbal, konsentrat seng, konsentrat pasir besi, dan bauksit yang telah dilakukan pencucian (washed bauxite) mengalami kenaikan. 

Pada periode sebelumnya, komoditas tersebut mengalami penurunan harga karena adanya peningkatan permintaan dunia. Sedangkan pellet konsentrat pasir besi masih tetap tidak mengalami perubahan. Selain itu, komoditas konsentrat mangan, konsentrat ilmenit dan konsentrat rutil masih terus mengalami kenaikan harga. 

Penetapan harga Patokan Ekspor (HPE) produk pertambangan yang dikenakan Bea Keluar (BK) untuk periode Februari 2022 ini dipengaruhi oleh permintaan yang tinggi. Ketentuan ini ditetapkan dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 04 Tahun 2022, 25 Januari 2022. 

Baca Artikel  Mengenal Metode Surface Mining dalam Tambang Batubara

HPE ditetapkan berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan berbagai instansi terkait, antara lain dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Keuangan, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Baca Juga: HBA Naik! Kideco Targetkan Produksi 35,7 Juta Ton

Proses penetapan HPE periode Februari 2022 didahului dengan adanya masukan yang berdasarkan perhitungan usulan harga berasal dari berbagai sumber, seperti Asian Metal, Iron Ore Fine Australian, dan London Metal Exchange (LME). 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer