Senin, April 15, 2024
Berita TambangYuk Berwisata ke Museum Batubara Bawah Tanah Muara Enim

Yuk Berwisata ke Museum Batubara Bawah Tanah Muara Enim

Museum Batubara Bawah Tanah – Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan kini tak sekadar menjadi wilayah dengan banyak perusahaan tambang. Di sana saat ini telah hadir sebuah komplek wisata berupa museum Batubara bawah tanah yang baru diresmikan pada 18 Agustus 2022 lalu. 

Museum Batubara ini memiliki beragam koleksi dan fasilitas yang bisa menjadi wisata edukasi bagi masyarakat. Apabila kamu berkunjung ke sana, di dalamnya ada informasi mengenai ragam jenis batubara, ruang kereta bawah tanah, alat-alat tambang yang digunakan pada masa lalu. 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, terdapat kereta bawah tanah yang akan membawa pengunjung masuk ke terowongan yang dilengkapi dengan diorama untuk menggambarkan suasana pertambangan batubara seperti apa. 

Selain itu museum ini juga menyuguhkan pengalaman tak terlupakan, seperti pengunjung dapat dapat mengetahui sejarah pertambangan batubara dari era kolonial sampai saat ini lewat audio visual menarik. Hal tersebut disajikan oleh alat-alat berteknologi canggih seperti layar sentuh yang memanjakan mata. 

Museum Batubara Bawah Tanah Muara Enim
Museum Batubara Bawah Tanah Muara Enim

Di komplek seluas 4,5 Ha ini nantinya akan dibangun beberapa destinasi wisata yang berpotensi menarik para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang ke Muara Enim.

Arena-arena yang dibangun antara lain Goa Coal Park, Kolam Wisata, Gedung Seni, Gedung Pusat Kuliner, Plaza Air Mancur, dan beberapa miniatur ciri khas daerah Sumsel seperti Miniatur Benteng Kuto Besak, Pagoda Pulo Kemaro sampai Masjid Agung Palembang. 

Baca Artikel  Kenapa Ya Jalan Tambang Engga Diaspal? Ini Jawabannya..

Kawasan ini pun didesain untuk mampu menampung wisatawan sekitar 200-300 orang per hari. Masyarakat umum dapat mengunjungi museum dengan membeli tiket seharga Rp20 ribu per orang.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer