Senin, Mei 27, 2024
Berita TambangYuk Cek Di Sini Manfaat Limbah Tambang Emas untuk Apa Saja!

Yuk Cek Di Sini Manfaat Limbah Tambang Emas untuk Apa Saja!

ilmutambang.com – Limbah tambang merupakan semua jenis bahan sisa hasil kegiatan penambangan. Limbah tersebut biasanya berupa tailing, logam tanah jarang, lumpur, slag dan lain sebagainya. Bagaimana dengan limbah pertambangan emas? 

Banyak yang berasumsi, limbah tambang berpotensi merusak lingkungan dan ekosistem di sekitarnya. Padahal faktanya  limbah ini bermanfaat lho untuk banyak hal, tak terkecuali limbah tambang emas. 

Baca Artikel  Usai Ambruk, Batubara Ngamuk Tembus US$ 415 Per Ton

Dalam kegiatan pertambangan emas, limbah tambang tersebut dapat diolah dan menghasilkan emisi yang rendah, bahkan sampai tingkat zero waste. Berikut ini beberapa pengolahan dan manfaat limbah dari kegiatan pertambangan emas:

  1. Sebagai Material Konstruksi

Limbah tambang seperti lumpur, slag, taling dan sebagainya itu dapat dimanfaatkan sebagai bahan konstruksi. Misalnya slag dapat digunakan untuk pembuatan agregat beton dan sandblasting.

Manfaat Limbah Lumpur Tambang Emas
Manfaat Limbah Lumpur Tambang Emas. Foto: novotest.id

Lumpur halus dapat digunakan untuk pembuatan konstruksi tambang di bawah tanah agar menjadi lebih kuat. Sedangkan taling dapat dijadikan bahan konstruksi berupa genteng, paving blok dan batu bata.

  1. Sebagai Pembangkit Listrik

Limbah tambang berupa gas seperti Sulfur dioksida (SO2) dapat dimanfaatkan sebagai sumber tenaga listrik yang efisien dan meminimalisir pembuangan gas residu di lingkungan serta memperkecil biaya produksi listrik.

  1. Sebagai Bahan Baku Pabrik Semen

Limbah tambang jenis B3 seperti batu kaca yang mengandung sulfida, logam oksida, silikon dioksida dan lain sebagainya. Umumnya itu dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan semen.

Baca Artikel  Batubara Indonesia Diekspor Terangi Negara Lain
  1. Penggunaan Kembali dengan Proses Daur Ulang

Limbah tambang dapat didaur ulang menjadi material lainnya, seperti bag filter dan masker bekas, yang kemungkinan besar masih mengandung logam berharga di dalamnya.

Demikianlah ulasan mengenai pengolahan dan pemanfaatan limbah pertambangan emas. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Kawan Tambang semua ya! 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer