Selasa, April 16, 2024
Berita TambangYuk Ketahui Tugas, Gaji dan Jenjang Karir Operator Ekskavator Pertambangan

Yuk Ketahui Tugas, Gaji dan Jenjang Karir Operator Ekskavator Pertambangan

ilmutambang.com – Operator ekskavator merupakan pekerjaan yang umumnya ada di pertambangan. Pekerjaan tersebut berhubungan dengan alat berat dan ekskavator, juga profesi ini umum dipakai di dunia konstruksi.

Ekskavator, sering disebut juga backhoe adalah alat berat dengan ukuran yang cukup besar dan dilengkapi dengan bucket. Fungsi alat berat ini adalah untuk melakukan loading, sloping dan breaker.

Tidak sembarang orang dapat mengoperasikannya, diperlukan kemampuan dan keterampilan khusus. Operator ekskavator memiliki tugas dan prospek kerja atau jenjang karir.

Berikut tugas operator ekskavator di pertambangan.

  1. Melakukan Pemeriksaan Rutin

Operator harus melakukan pemeriksaan ekskavator secara rutin sebelum mengoperasikannya. Misalnya, pengecekan bahan bakar, tongkat, keranjang dan oli. 

  1. Mengoperasikan Alat Sesuai Fungsinya
Baca Artikel  Menelisik Sejarah Awal Mula Pertambangan di Dunia

Operator harus mengoperasikan alat berat berdasarkan aturan yang ditetapkan oleh perusahaan. Misalnya, di lokasi pengoperasian, cara pengoperasian dan lain sebagainya.

  1. Perawatan

Operator harus merawat alat berat dan mencegah kerusakan dengan mengikuti aturan tentang perawatan. Cukup mengikuti aturan perusahaan. 

  1. Penanganan Kerusakan

Operator harus melaporkan kerusakan alat berat kepada pengawas lapangan, untuk dilanjutkan ke bagian mekanik perusahaan sehingga segera dilakukan perbaikan. 

  1. Tanggung Jawab

Operator harus bertanggung jawab pada alat yang dioperasikan. Jika terjadi kesalahan, gangguan dan hal lainnya, itu menjadi tanggung jawabnya. 

  1. Mematikan Mesin Alat

Operator harus mematikan mesin alat berat apabila sudah selesai digunakan. Memarkirkan di lokasi yang sudah ditetapkan dan mengamankan kunci.

Gaji Operator Ekskavator Pertambangan 

Nah jika berbicara mengenai gaji operator ekskavator alat berat, di Indonesia saja gaji yang diberikan lumayan tinggi. Tidak heran, apabila banyak orang memiliki keinginan bekerja di posisi ini. 

Rata-rata upah di Indonesia untuk operator ekskavator pertambangan yaitu Rp7 juta sampai Rp10 juta per bulan. Angka tersebut tentu saja berbeda di setiap perusahaan tambang. Belum lagi, jika kamu memiliki pengalaman lebih tentu pendapatanmu bisa semakin besar.

Jenjang Karir Operator Ekskavator Pertambangan

Jenjang karir operator ekskavator dimulai dengan operator junior, kemudian naik tingkat menjadi operator senior dan dilanjutkan sebagai pengawas lapangan serta menjadi penanggung jawab keamanan. 

Nantinya setelah bekerja dan punya pengalaman, kamu bisa memanfaatkan keahlian operator ekskavator-mu  untuk menjadi pelatih operator ekskavator.

Nah itu dia informasi seputar tugas, gaji, hingga jenjang karir seorang operator ekskavator pertambangan. Tapi ingat, sebelum kamu memutuskan untuk memilih bidang pekerjaan ini, pastikan kamu mempelajari dan paham semua tugas dan tanggung jawabnya agar saat bekerja nanti dapat meminimalisir kecelakaan kerja. 

Semangat Kawan Tambang!  

Baca Artikel  PBHMI Sampaikan 9 Resolusi Minerba untuk Indonesia Maju

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer