Selasa, Juni 15, 2021

3 Hal Ini Harus Dilakukan Ketika Umur Tambang Habis!

Sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana cara merawat areal tambang, pasti banyak di antara kamu anak tambang yang bertanya-tanya, apa sih yang harus dilakukan ketika umur sebuah pertambangan sudah habis?.  

Munculnya pertanyaan semacam itu bukan kamu doang kok, pasti anak tambang yang lain juga bertanya hal yang sama. 

Sumber daya di areal pertambangan merupakan sumber daya yang tidak bisa diperbaharui secara instan, sehingga cadangan di dalam tambang bisa habis kapan saja.

Begitupun persebaran kandungan isi tambang itu gak merata, hal itu disebabkan faktor geologis pada masing-masing wilayah. 

Untuk menjawab pertanyaan di atas, apa sebenarnya yang harus dilakukan ketika cadangan sumber daya alam di areal pertambangan itu sudah habis?.

Simak baik-baik ya beberapa hal di bawah ini: 

Pembersihan Lokasi Areal di Tambang 

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh perusahaan tambang tentunya menutup lokasi dan membersihkan semua areal pertambangan.

Proses pembersihan ini bukan hanya tentang peralatan dan fasilitas nya saja, tetapi membersihkan sisa-sisa cadangan SDA termasuk limbang di dalamnya. 

Tujuan utama membersihkan areal pertambangan yakni untuk menjaga lingkungan setempat yang telah dikeruk SDA itu agar sehat kembali dengan mengangkat semua limbah yang ada. 

Baca Juga: Pertambangan Batubara & Manfaat bagi Kehidupan

Biasanya proses pembersihan itu menggunakan bahan kimia supaya benar-benar limbah yang tersisa hilang.  Limbah yang paling berbahaya sering tertinggal di areal pertambangan adalah merkuri. 

Related Articles

Indonesia
115,197
Total active cases
Updated on June 15, 2021 5:11 am

Latest Articles