Senin, Mei 27, 2024
Berita Tambang5 Cara Jadikan Pertambangan Berwawasan Lingkungan

5 Cara Jadikan Pertambangan Berwawasan Lingkungan

Di tengah upaya yang dilakukan seluruh dunia untuk mengurangi keluaran karbon dan dampak lingkungan, para ahli dan individu dari industri pertambangan pun tampaknya harus bisa berwawasan lingkungan agar tetap menjaga sumber daya bumi dan beroperasi secara berkelanjutan untuk melindungi masa depan kita.

Upaya keberlanjutan usaha tambang didukung oleh kemajuan menakjubkan dalam praktik operasionalnya selama beberapa dekade terakhir. 

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan agar praktik usaha tambang lebih berkelanjutan dengan tetap berupaya mengurangi dampak lingkungan :

  1. Menggunakan Teknik Pertambangan Berdampak Rendah

Teknik pertambangan yang tradisional seperti metode pertambangan terbuka dan pertambangan bawah tanah lebih berdampak dan menimbulkan lingkungan resiko yang lebih signifikan, dibandingkan dengan teknik pertambangan berdampak rendah, seperti pelindian di tempat atau situ leaching.

Baca Artikel  Jokowi Hadiri ‘Groundbreaking’ Hilirisasi Batubara Sumsel

Teknik pertambangan situ leaching secara signifikan dapat mengurangi gangguan permukaan di lokasi tambang, mengurangi erosi tanah, dan memindahkan lebih sedikit material yang perlu ditimbun kembali.

Dengan mengurangi dampak lingkungan, persiapan lokasi tambang untuk revegetasi atau rehabilitasi menjadi lebih cepat.

2. Menggunakan Kembali Limbah Pertambangan

Usaha tambang secara alami menghasilkan limbah dalam jumlah besar seperti tailing, batu, dan air limbah, yang beresiko menyebabkan kerusakan lingkungan.

Untuk mengolah kembali limbah tersebut bisa dengan memanfaatkan batuan sisa untuk mengisi kembali rongga bekas konstruksi di lokasi tambang, untuk mencegah erosi tanah. Bahkan jika diolah dengan tepat, air tambang juga dapat digunakan kembali untuk pertanian, pendingin, peredam debu di lokasi tambang, bahkan untuk air minum.

Baca Artikel  FYI: Di Pertambangan Bisa Melakukan Kegiatan Ekonomi Loh..

Baca Juga : Wow! Di Lokasi Tambang juga Ada Razia Loh

3. Menggunakan Peralatan Ramah Lingkungan

Untuk mengurangi dampak lingkungan, usaha tambang dapat beralih ke peralatan yang lebih ramah lingkungan. Seperti misalnya menggantikan bahan bakar alat dari diesel menjadi baterai, serta mengganti mesin diesel dengan listrik.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer