Jumat, Mei 14, 2021

5 Orang Terkaya di Indonesia Berkat Bisnis Batubara

3. Peter Sondakh

Peter Sondakh adalah pengusaha batubara yang menempati urutan ke-18 orang terkaya Indonesia dengan jumlah kekayaan bersih sebesar 1,5 miliar dollar AS atau Rp 21,36 triliun. 

Sumber kekayaan Peter Sondakh berasal dari Rajawali Corpora. Rajawali Corpora merupakan induk perusahaan investasi terkemuka yang didirikan pada tahun 1984 dan berbasis di Jakarta.

Mengutip laman resmi perusahaan, di sektor pertambangan, Rajawali Corpora memiliki 3 perusahaan besar yakni Archi Group, Golden Eagle Energy, dan Indo Mines Ltd.

4. Low Tuck Kwong 

Majalah Forbes menempatkan pria berusia 72 tahun ini di urutan ke-25 orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan sebesar 1,2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 17,09 triliun.

Low tuck kwong adalah pemilik dari Bayan Resources yang masuk sebagai salah satu perusahaan tambang batubara terbesar di Indonesia. Selain itu, ia juga memiliki tambang terbesar lainnya di konsensi Tabang yang menyumbang 80 persen produksi. 

5. Hashim Djojohadikusumo

Hashim Djojohadikusumo adalah adik Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Beberapa kali, namanya masuk dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia. 

Perusahaan besar yang dijalankan Hashim di antaranya industri  kelapa sawit, pertambangan, industri kertas, dan jasa logistik. 

Saat ini perusahaan-perusahaan milik Hashim sebagian besar tergabung dalam Arsari Group. Sedangkan kekayaan Hashim tercatat di Forbes sebesar 685 juta dollar AS atau sekitar Rp 9,76 triliun. perusahaan-perusahaan miliknya 

Related Articles

Indonesia
94,857
Total active cases
Updated on May 14, 2021 1:04 pm

Latest Articles