Minggu, April 14, 2024
Berita TambangBosan Healing Ke Pantai? 7 Tempat Wisata Bekas Tambang Ini Patut Dikunjungi

Bosan Healing Ke Pantai? 7 Tempat Wisata Bekas Tambang Ini Patut Dikunjungi

Kawan Tambang terkadang bosan dengan wisata pantai atau wisata pegunungan? Berwisata ke bekas pertambangan bisa menjadi solusinya. Ternyata, cukup banyak lho area bekas tambang yang kini berubah menjadi tempat menarik untuk berwisata.

Perlu kamu ketahui, terdapat beberapa area bekas tambang yang bermetamorfosis menjadi tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan menyegarkan, mulai dari telaga hingga hingga danau yang tidak biasa. 

Selain bisa mendapatkan pengalaman baru dan seru, kamu juga bisa sekalian healing di tempat-tempat ini. Penasaran di mana saja? Simak selengkapnya di bawah ini yuk! 

  1. Brown Canyon, Semarang

Brown Canyon adalah tujuan wisata berupa tebing batuan cadas yang sisa-sisa kegiatan penambangan. Tempat wisata ini awalnya adalah tempat penambangan galian C, tambang batu dan pasir.

  1. Bukit Jaddih, Bangkalan

Bukit Jaddih merupakan bekas penambangan batu kapur. Di tempat ini wisatawan dapat berenang di kolam renang dekat daerah tambang dengan pemandang mirip tujuan wisata Cappadocia di Turki.

Baca Artikel  Pelajari Yuk Tahapan dan Alur Kegiatan Kerja di Pertambangan
  1. Arosbaya, Bangkalan

Arosbaya merupakan bekas tambang batu kapur yang kini berubah menjadi tempat populer bagi pengunjung yang hobi fotografi. Arosbaya menyuguhkan pemandangan unik, yaitu ukiran rapi di dinding tebing, yang merupakan jejak-jejak kegiatan tambang masa lalu.

  1. Telaga Ngipik, Gresik

Telaga Ngipik terbentuk di wilayah bekas tambang tanah liat memiliki pemandangan adem ruang terbuka hijau yang ditumbuhi pepohonan rimbun lengkap dengan telaga di tengahnya. Cocok untuk bersantai, naik perahu, memancing dan masih banyak lagi. Telaga ini kontras dengan pabrik-pabrik industri yang sumpek di sekitar kota Gresik.

  1. Bukit Jamur, Gresik

Bukit Jamur bekas tambang yang juga menjadi tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan berupa deretan jamur raksasa. Jamur tersebut terbentuk dari aktivitas penambangan yang mengalami erosi akibat aliran air di musim hujan selama bertahun-tahun.

Baca Artikel  Ragam Manfaat Barang Tambang Nikel di Berbagai Bidang
  1. Danau Biru Loa Bakung, Samarinda

Danau Biru Loa Bakung adalah salah satu tempat wisata populer karena pemandangannya yang cantik. Danau dengan air berwarna biru terang yang bahkan bisa memantulkan objek serupa cermin. Danau Cermin merupakan bekas tambang batubara yang secara alami berubah menjadi genangan air dan ditumbuhi pepohonan rindang.

  1. Danau Blingoh, Jepara

Danau Blingoh memiliki air berwarna hijau toska serta pepohonan rimbun di sekitarnya. Danau ini terbentuk secara alami di bekas tambang kapur dan telah menjadi tempat wisata favorit.

Kawan tambang, daerah bekas tambang secara alami dapat berubah menjadi tempat wisata yang indah, apalagi jika ditata dengan semua fasilitas pendukung untuk para pengunjung dan perawatan demi kelestarian lingkungan sekitarnya. 

Jadi, kamu siap mengunjungi tempat yang mana nih Kawan? 

Baca Artikel  Kenali 7 Tahapan dalam Kegiatan Pertambangan

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer