Kamis, Juli 25, 2024
Berita TambangAnak Tambang Wajib Tahu Klasifikasi & Kualitas Batubara!

Anak Tambang Wajib Tahu Klasifikasi & Kualitas Batubara!

Di Indonesia sendiri, klasifikasi jenis batubara ditentukan oleh kualitas yang mengacu pada nilai kalori batubara. Terdapat dua parameter kualitas batubara, yaitu berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI) dan berdasarkan American Society for Testing Material (ASTM).

Dari kedua parameter klasifikasi tersebut kemudian menghasilkan berbagai rank dan jenis batubara. Berikut kami rangkum informasi mengenai masing-masing klasifikasi jenis dan batubara untuk Anda :

Jenis dan Kualitas Batubara menurut SNI

Klasifikasi batubara menurut SNI 13-6011-1999 ini dikelompokan menjadi dua jenis, yaitu Batubara Energi Rendah dan Batubara Energi Tinggi.

  1. Batubara Energi Rendah (Brown Coal)

Merupakan jenis batubara yang paling rendah peringkatnya, mudah rapuh, lunak, memiliki kadar air tinggi (10-70%), dan nilainya kalorinya <7000 kalori gram. Jenis ini terdiri dari batubara energi rendah lunak (soft brown coal), dan batubara struktur kayu. 

Baca Artikel  Kebutuhan Batubara Domestik Diproyeksi Meningkat Pada 2022

2. Batubara Energi Tinggi (Hard Coal)

Jenis batubara ini peringkatnya lebih tinggi dari brown coal, kompak, sulit rapuh, bersifat lebih keras, memiliki kadar air relatif rendah, struktur kayu tidak tampak, relatif tahan terhadap kerusakan fisik, serta memiliki nilai kalori >7000 kalori per gram.

Jenis dan Kualitas Batubara menurut ASTM

Dari klasifikasi jenis dan kualitas batubara menurut ASTM, dihasilkan rank dan grup batubara sebagai berikut :

  1. Rank Anthracitic

Ini merupakan rank batubara yang paling tinggi dengan kualitas terbaik dengan kandungan fixed carbon berkisar 86-98%. Rank ini terdiri dari grup Meta-Anthracite, Anthracite, dan Semi-Anthracite.

2. Rank Bituminous

Rank batubara ini memiliki persentase fixed karbon sebesar <69-86%. Rank ini terdiri dari grup Low – Volatile Bituminous, Medium – Volatile Bituminous, High – Volatile A Bituminous, High – B Bituminous, dan High– Volatile C Bituminous.

Baca Artikel  INDY Optimis Tingkatkan Pendapatan di Industri Non Batubara

3. Rank Sub-Bituminous

Rank batubara ini mengandung nilai kalori >8.300 BTU/Ib – <11.500 BTU/Ib. Rank ini terdiri dari grup Sub-Bituminous A, Sub-Bituminous B, dan Sub-Bituminous C.

Baca Juga : Kenapa Sih Batubara Penting Bagi Kehidupan Kita?

4. Rank Lignitik

Rank ini merupakan rank batubara paling rendah yang memiliki kualitas rendah dengan kalori <6.300 BTU/Ib. Rank ini terdiri dari grup Lignit A dan Lignit B.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer