Minggu, Juni 16, 2024
Berita TambangSudah Tahu Apa QHSE Di Industri Pertambangan? Bahas Di Sini Yuk..

Sudah Tahu Apa QHSE Di Industri Pertambangan? Bahas Di Sini Yuk..

ilmutambang.com – QHSE wajib diperhatikan oleh sebuah perusahaan di industri Pertambangan. QHSE singkatan dari Quality, Health, Safety and Environment (Kualitas, Kesehatan, Keselamatan, dan Lingkungan).

QHSE terdiri dari serangkaian kebijakan, praktik dan prosedur untuk melindungi karyawan, masyarakat sekitar dan lingkungan tempat operasi pertambangan. QHSE merupakan integrasi pendekatan untuk mengelola risiko dan menjaga keberlanjutan kegiatan industri pertambangan.

QHSE terdiri dari langkah dan proses identifikasi, penilaian dan pengendalian bahaya dan risiko yang mungkin muncul selama kegiatan pertambangan. 

QHSE Pekerja Tambang

Beberapa manfaat QHSE bagi perusahaan tambang:

Keselamatan Karyawan

QHSE menjadikan keselamatan karyawan sebagai prioritas utama. QHSE akan mengurangi risiko kecelakaan dan cedera di lingkungan pertambangan. QHSE diwujudkan melalui penerapan langkah-langkah keamanan yang ketat, seperti pelatihan keselamatan, pemantauan kondisi kerja, dan penggunaan peralatan pelindung diri (APD). 

Baca Artikel  Apa Saja Tujuan Inspeksi K3 di Industri Pertambangan?

Kesehatan Karyawan

Melalui QHSE perusahaan tambang mengidentifikasi risiko kesehatan pekerjaan dan mengambil langkah-langkah untuk mencegah atau menguranginya. Ini melibatkan pemantauan kesehatan karyawan, pelatihan tentang bahaya kesehatan dan penyediaan fasilitas kesehatan yang standar.

Perlindungan Lingkungan

QHSE berusaha melakukan perlindungan lingkungan. Karena kegiatan pertambangan yang tidak terkendali dapat mencemari air, tanah, dan udara di sekitar wilayah kerja pertambangan. Maka QHSE menekan dampak negatifnya pada lingkungan melalui manajemen limbah, pemantauan emisi dan rehabilitasi lahan pasca-pertambangan.

Baca Artikel  Ini Segudang Manfaat Hilirisasi Bagi Pertambangan, Yuk Cek Di Sini!

Kepatuhan Regulasi

QHSE membantu perusahaan mematuhi peraturan dan regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah dan badan pengatur. Ini meliputi penerapan kebijakan dan prosedur yang sesuai, audit internal dan pemantauan yang ketat.

Kepatuhan kepada peraturan tidak hanya melindungi perusahaan dari sanksi hukum, tetapi juga membangun citra positif di mata masyarakat dan investor.

Produktivitas Meningkat

Mengadopsi pendekatan QHSE secara efektif dapat meningkatkan produktivitas perusahaan tambang keseluruhan. Karyawan merasa aman dan terlindungi sehingga lebih bersemangat dan berkinerja tinggi.

Kawan ilmu tambang, QHSE dapat mengurangi risiko kecelakaan dan gangguan operasional. Sehingga perusahaan tambang dapat menjaga kelancaran produksi dan mengoptimalkan efisiensi kerjanya.

Baca Artikel  Biar Makin Paham Soal Dunia Pertambangan, 3 Buku Ini Wajib Kamu Baca!

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer