Selasa, April 16, 2024
Berita TambangBelitung Punya Destinasi Wisata Bekas Tambang Keren, Penasaran Apa?

Belitung Punya Destinasi Wisata Bekas Tambang Keren, Penasaran Apa?

Geosite Open Pit Nam Salu menjadi salah satu destinasi wisata favorit bekas tambang timah terbuka yang terletak di Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur. 

Destinasi wisata ini juga merupakan tambang timah terbuka terdalam dan terbesar di Asia Tenggara, yaitu sekitar 100 meter.

Mengutip situs Open Pit Nam Salu Geosite, selama operasi komersil penambangannya pada tahun 1980-1993, tambang timah ini telah memproduksi 500 ribu ton bijih timah dengan kadar 2 persen. 

Sejarah tambang timah dan singkapan geologi bekas aktivitas tambang pada situs ini menjadi sangat penting bagi dunia. Destinasi ini menjadi salah satu geosite yang memiliki keunikan geologi dalam Geopark Belitung, dan telah masuk ke dalam salah satu warisan dunia UNESCO

Baca Artikel  Ini Negara Pemilik ‘Harta Karun’ LTJ Terbesar di Dunia

Sebagai potensi wisata, terdapat lubang bekas penambangan yang membentuk semacam kawah dengan air berwarna biru kehijauan di sana. Di tengahnya terdapat danau nan cantik dan terowongan bawah tanah sepanjang kurang lebih 700 meter.

Untuk mengeksplor Open Pit Nam Salu Geosite, kamu perlu melakukan trekking atau bisa menggunakan sepeda motor kurang lebih 600 m. 

Di sepanjang jalan menuju lokasi, menghirup udara segar, melihat monyet atau hewan-hewan lainnya yang hidup di sana. Tempat ini cocok untuk kamu yang ingin berlibur dengan melihat pemandangan yang indah bersama keluarga atau teman.

Selain menikmati pemandangan indah sekitar kawah, kamu juga bisa melakukan beragam aktivitas rekreasi, antara lain seperti panjat tebing, susur gua (caving), hingga kayaking.

Baca Artikel  Ngegas Terus, Harga Batubara Kini Terbang 18 Persen!

Setelah mengetahui keindahan yang ditawarkan Geosite Open Pit Nam Salu, kapan nih Kawan Tambang mengunjungi tempat ini? 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer