Selasa, April 16, 2024
Berita TambangBongkar Manfaat ‘Harta Karun’ Tambang yang Jarang Diketahui

Bongkar Manfaat ‘Harta Karun’ Tambang yang Jarang Diketahui

Indonesia dianugerahi harta karun tambang yang melimpah, baik batubara dan mineral lainnya. Adanya perusahaan pengolahan komoditas mineral tentunya, memberikan devisa bagi negara. Negara juga mengupayakan untuk meningkatkan nilai tambah komoditas, seperti hilirisasi batubara.

Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ego Syahrial mengatakan, beberapa tambang mineral seperti nikel, lithium, hingga logam tanah jarang (LTJ) dan juga batubara memiliki peran di dalam mendorong daya saing negara ini.

Ego menjelaskan dari tahun ke tahun, sumber daya minerba memiliki peran penting dalam perekonomian nasional. Terutama untuk nikel, yang dapat dimanfaatkan sebagai material komponen baterai kendaraan listrik. Serta LTJ yang bisa dimanfaatkan penyimpanan energi dan komponen elektronika serta smart grid system.

Baca Artikel  Dulang Rupiah dari Profesi Fotografer Tambang

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Eko Budi Lelono menyampaikan, dalam pengeksplorasian LTJ lebih lanjut pemerintah akan menggandeng negara-negara dengan teknologi yang memadai seperti, China.

Eko juga menambahkan, saat ini Badan Geologi punya beberapa kegiatan terkait dengan eksplorasi LTJ. Badan Geologi menyediakan informasi keterdapatan sumber LTJ yang bersumber dari berbagai penelitian, pelaku usaha dan institusi lainnya.

Selain itu, komoditas mineral juga dapat menjadi sumber energi serta material pendukung energi baru terbarukan (EBT).

Mineral radioaktif uranium dan thorium yang dapat menghasilkan energi bersih berupa Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN).

Batubara memiliki peran strategis dalam mendorong kedaulatan dan kemandirian energi dan juga mampu menaikan daya saing ekonomi nasional. Pemerintah juga mengupayakan nilai tambah dengan proyek gasifikasi.

Baca Artikel  Harga Batubara Naik Turun, Perusahaan Perlu Genjot Produksi?

Baca Juga : Harta Karun Tembaga Indonesia urutan Ke-7 Dunia!

Hadirnya perusahaan pengolahan komoditas mineral juga memiliki dampak dalam meningkatkan perekonomian daerah sekitar.

Lokasi pertambangan biasanya terletak jauh dari pemukiman padat penduduk, berada di dalam hutan dan cenderung dekat ke laut lepas.

Tidak sedikit warga sekitar yang diajak oleh perusahaan untuk menjadi pegawai, atau pihak perusahaan menyediakan lahan bagi warga untuk mencari nafkah dengan berdagang dan lain sebagainya.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer