Jumat, Juli 19, 2024
Berita TambangBukit Arosbaya, Wisata Menakjubkan Dinding Tambang Madura

Bukit Arosbaya, Wisata Menakjubkan Dinding Tambang Madura

Madura adalah pulau sejuta pesona yang menyimpan banyak tempat wisata yang menakjubkan, seperti Gili Labak dan Pantai Sembilan hingga Bukit Kapur Arosbaya.

Secara administratif Bukit Kapur Arosbaya masuk wilayah Buduran, Arosbaya, Kabupaten Bangkalan. Objek Wisata di Madura ini memiliki keunikan yang tidak ada di destinasi serupa lainnya. 

Kebanyakan tebing kapur berwarna putih, namun di sini pengunjung akan disambut corak kemerahan dengan pahatan tak beraturan. Rasanya seolah masuk dalam benteng dengan deretan balairung indah.

Hingga kini, warga setempat masih memanfaatkannya sebagai penambangan. Dari aktivitas tersebut dihasilkan balok-balok pengganti batu bata yang dikirim ke berbagai kota, termasuk Surabaya.

Proses penambangan membantu terciptanya gua dalam beragam ukuran. Semua terhubung dengan jalan lumayan lebar. Beberapa sengaja dipahat untuk menciptakan bentuk tertentu. 

Baca Artikel  Ragam Pemanfaatan Drone Pada Industri Pertambangan

Sudah banyak pengunjung rela datang jauh-jauh ke Arosbaya karena ingin menikmati keindahan pahatan dinding tebing kapur.

Masuk ke sini, orang bakal merasakan pengalaman seru. Meski demikian, wisatawan tidak perlu khawatir akan terganggu.   

Pulau Madura dikenal memiliki suhu panas. Namun begitu masuk ke kawasan yang juga dikenal dengan nama Bukit Pelalangan ini wisatawan bakal merasa sejuk luar biasa.

Baca Juga : Menyulap Bekas Tambang Timah Jadi Kawasan Agrowisata

Hal ini dikarenakan dinding-dinding kapur di sini selalu lembab dan basah, membuat bagian dalamnya selalu lebih dingin.

Puas menikmati keindahannya, jangan lupa mencicipi kuliner di sekitar sini. Di warung-warung sekitar pengunjung bisa menikmati rujak dan membeli oleh-oleh khas Madura. Beberapa di antaranya adalah rengginang lorjuk, petis, hingga kerupuk. 

Baca Artikel  Wow! Di Lokasi Tambang juga Ada Razia Loh

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer