Selasa, April 16, 2024
MinerbaBatubaraDampak Positif Industri Pertambangan Di Indonesia, Penasaran Apa?

Dampak Positif Industri Pertambangan Di Indonesia, Penasaran Apa?

ilmutambang.com – Indonesia adalah negara yang kaya sumber daya alam. Salah satu sumber daya alam yang berlimpah adalah hasil tambang, seperti batubara, minyak bumi, gas alam dan timah. Apa Keuntungan untuk industri pertambangan di Indonesia?

Di era globalisasi saat ini, Indonesia memiliki cara untuk memajukan perekonomiannya adalah dengan mengolah sumber daya alam melalui kegiatan industri. Melalui kegiatan pengelolaan industri tambang tersebut, tentunya memberikan berbagai dampak positif bagi masyarakat Indonesia.

Salah satu dampak positif kegiatan industri pertambangan di Indonesia adalah membuka lapangan kerja yang luas. Lapangan kerja seperti pemecah batu, operator mesin tambang dan petugas pengangkutan tambang.

Baca Artikel  Peneliti Tekmira Beberkan Potensi Efektif FABA untuk Pupuk

Tersedianya lapangan pekerjaan juga dapat menjadi solusi untuk mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Pendapatan dan pertumbuhan ekonomi negara juga akan meningkat dengan adanya kegiatan industri pertambangan. Hal ini dikarenakan hasil produksi tambang dapat digunakan untuk memenuhi permintaan pasar domestik dan pasar internasional serta dapat menarik investor asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

Setiap perusahaan tambang yang telah melakukan kegiatan pertambangan sudah menjadi kewajiban untuk melakukan tanggung jawab sosial dengan menerapkan pembangunan berkelanjutan, yaitu dengan memenuhi kebutuhan saat ini tanpa harus mengorbankan kebutuhan generasi setelahnya.

Baca Artikel  Wajib Tahu! Perbedaan Pengawas Operasional dan Teknis Minerba


Perusahaan juga wajib melakukan reklamasi lahan bekas tambang dengan menanam pohon dan mendaur ulang limbah. Sementara pemerintah wajib meminimalkan terjadinya penambangan ilegal dengan cara menerapkan aturan dan sanksi yang tegas.

Melalui kerja sama antara perusahaan dan pemerintah, ini diharapkan dapat memaksimalkan dampak positif dan meminimalkan dampak negatif kegiatan industri pertambangan di Indonesia.

Itulah catatan mengenai dampak dan cara mengatasi kegiatan industri tambang yang beroperasi di Indonesia.

Baca Artikel  Tantangan Wanita Meniti Karir di Industri Pertambangan

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer