Minggu, April 14, 2024
Berita TambangDemi Keberhasilan Pertambangan, Ini Tahapan dan Strategi yang Perlu Dilakukan!

Demi Keberhasilan Pertambangan, Ini Tahapan dan Strategi yang Perlu Dilakukan!

ilmutambang.com – Indonesia merupakan salah satu negara dengan kekayaan tambang terbesar di dunia. Mineral dan batubara merupakan sumber pendapatan nasional terbesar, demi keberhasilan pertambangan, pengelolaannya harus optimal.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk pengoptimalan sumber daya tambang Indonesia yaitu bisa dengan mengimplementasikan sistem pengelolaan memanfaatkan teknologi canggih, misalnya menggunakan Artificial Intelligence (AI) dan robot. Hal ini merupakan bagian dari strategi pengolahan tepat guna.

Untuk memastikan pertambangan minerba Indonesia dikelola dengan baik serta mengikuti perkembangan dunia, sebaiknya perusahaan tambang bisa menerapkan beberapa strategi dalam pengelolaan tambang.

Baca Artikel  Dukung Hilirisasi Smelter Bauksit, Pemerintah Siap Kucurkan Insentif

Demi Keberhasilan Pertambangan, Ini Beberapa Tahapan dan Strategi yang Perlu Dilakukan: 

  1. Menciptakan Iklim Investasi Kondusif

Pemerintah memberikan jaminan berusaha pada pelaku industri tambang supaya iklim investasi yang kondusif hadir. Juga mengembangkan unit-unit yang menjaga pertambangan berjalan berkelanjutan.

  1. Menjaga dan Menerapkan Kaidah Pertambangan

Kaidah pengelolaan tambang dijaga supaya usaha tetap berada dalam jalur. Para pelaku usaha harus menjalankan kegiatannya sesuai aturan yang telah ditetapkan.

  1. Menyeimbangkan Pertumbuhan dan Perkembangan Ekonomi

Keseimbangan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi harus dijaga agar dapat mendukung perkembangan sektor tambang minerba dan menyokong ekonomi negara

  1. Pemberdayaan Sumber Daya Manusia dalam Negeri

Pemerintah mendorong pelaku sektor tambang menggunakan tenaga kerja lokal dan meningkatkan produksi dalam negeri supaya dapat bermanfaat bagi rakyat.

  1. Mengutamakan Pemenuhan Kebutuhan dalam Negeri

Pengelolaan tambang harus mengutamakan pemenuhan kebutuhan dalam negeri, setelah itu baru pemenuhan kebutuhan internasional.

  1. Meningkatkan Nilai Tambah

Melakukan pengembangan industri nasional yang terintegrasi dan memiliki daya saing tinggi, sehingga tidak kalah dengan pengembangan dari negara-negara lain.

  1. Penguasaan serta Pengembangan IPTEK

Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sektor pertambangan, yang berpihak dan melindungi tenaga ahli nasional.

  1. Recycling

Pemerintah mendukung pengembangan industri daur ulang untuk menjaga keberlangsungan cadangan minerba nasional.Kawan tambang, eksplorasi dan pemanfaatan hasil tambang sudah sewajarnya tetap dalam pengawasan Pemerintah. Maka dari itu dirancang aturan dan kaidah sebagai tahapan dan strategi demi optimalisasi usaha pertambangan.

Baca Artikel  PT Kideco Raih PROPER Emas Provinsi Kalimantan Timur 2023

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer