Kamis, Juli 25, 2024
Berita TambangDi Perut Bumi! Ini Tempat Ibadah Pekerja Tambang

Di Perut Bumi! Ini Tempat Ibadah Pekerja Tambang

Kebutuhan rohani dan batin setiap orang memiliki perbedaan satu sama lain. Termasuk para pekerja tambang yang tetap beribadah di sela-sela kesibukannya bekerja di tempat ibadah yang bisa dibilang seadanya. Mereka menyempatkan diri untuk memenuhi kebutuhan rohaninya meski di tempat yang terbilang tak layak sekalipun.

Tak jarang mereka beribadah dengan hikmat di atas sebuah kendaraan alat berat yang sedang mereka kendarai.

Sebenarnya hal tersebut memang sudah biasa dilakukan oleh para pekerja tambang di lapangan. Mereka biasanya melakukan ibadah shalat di atas setiap kendaraan alat berat yang disebutnya sebagai unit.

Bekerja di perut bumi dengan keadaan di sekitar tambang yang penuh dengan lumpur, membuat para pekerja harus melaksanakan kewajiban beribadahnya di atas sebuah kendaraan alat berat. Sebelum mereka bekerja, para pekerja tambang terbiasa membawa air dengan jerigen kecil untuk minum dan wudhu. 

Baca Artikel  Menyulap Bekas Tambang Timah Jadi Kawasan Agrowisata

Di area tambang, sebenarnya perusahaan sudah menyediakan mushola untuk para pekerja.

Namun untuk memangkas waktu dan menghindari jalan yang kotor lantaran penuh lumpur, terlebih lagi ketika hujan, para pekerja tambang memutuskan untuk menunaikan ibadah shalat di atas kendaraan alat berat.  

Perusahaan tambang menyediakan fasilitas tempat ibadah berupa mushola bahkan gereja di area tambang dengan kedalaman beberapa ratus meter sebagai bentuk komitmen perusahaan atas kehidupan beragama para pekerja tambang. Tempat ibadah ini menjadi kenyamanan bagi para pekerja dalam menjalankan ibadah nya.

Baca Juga : Simak Kisah Pekerja Tambang Menjalani Puasa Ramadan

Dari adanya kisah ini, diharapkan orang-orang bisa mengambil pelajaran untuk tetap mengutamakan ibadah dalam kondisi apapun. 

Baca Artikel  Tanpa Disadari! Ini 7 Makna Warna Helm Proyek Tambang

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer