Minggu, Mei 26, 2024
Berita TambangDigitalisasi Pacu Produktivitas Pertambangan Masa Pandemi

Digitalisasi Pacu Produktivitas Pertambangan Masa Pandemi

Digitalisasi pada industri pertambangan memberikan banyak keuntungan seperti peningkatan efisiensi dan produktivitas, terlebih saat masa pandemi. Digitalisasi juga sebagai bagian dari prinsip revolusi industri 4.0 yang dibutuhkan semua industri.

Penerapan digitalisasi dapat menjadikan perusahaan lebih berdaya, karena dapat lebih baik dalam mengelola kemampuan serta bisa lebih presisi dalam meningkatkan daya saing dalam pemulihan ekonomi.

Bagi operasional pertambangan yang sudah menerapkan digitalisasi diperkirakan dapat meraih peningkatan margin sebesar 20 persen.

Tidak hanya itu digitalisasi dapat menghemat biaya, memiliki kendali yang luas dalam alokasi sumber daya, hingga keselamatan karyawan dan lingkungan sekitar.

Tantangan yang dirasakan oleh perusahaan pertambangan semasa pandemi terbilang beragam seperti, koneksi internet yang buruk di lokasi tambang, rendahnya kesadaran akan teknologi, di ranah lokal referensi pemakaian semakin kecil dan rendahnya keterampilan digital.

Baca Artikel  Kideco Serahkan Bantuan Minibus ke Pondok Pesantren

Penerapan digitalisasi juga harus diiringi dengan kemampuan adaptasi teknologi yang baik dan benar, terutama bagi pekerja yang langsung menggunakan teknologinya.

Sementara kendala utama masa pandemi adalah proses kerja yang diubah untuk menyesuaikan dengan situasi dan kondisi.

Indonesian Mining Institute menyampaikan harapannya Indonesia bisa mandiri dan tidak bergantung dari negara lain terkait dengan digitalisasi. Dikarenakan tidak semua teknologi dari negara lain dapat diterapkan di Indonesia.

Nutanix salah satu perusahaan software ternama di dunia mengeluarkan produk bernama Hyper Converged Infrastructure (HCI) on-demand.

HCI dikabarkan mampu memodernisasi infrastruktur data centre, memungkinkan untuk mengukur dan mendukung permintaan cloud bisnis dengan baik.

Selain itu HCI dapat membantu mengotomatisasi manajemen lifecycle, mengurangi kompleksitas, menyederhanakan procurement dan support, meningkatkan kinerja dan mampu meningkatkan perlindungan data.

Baca Artikel  Jejak Sejarah Penambang Emas dari Sulsel di Afrika

Baca Juga : Sah! Wajah Pertambangan harus Siap hadapi Era Digitalisasi

Indonesia Country Manager Nutanix Fetra Syahbana mengatakan adanya digitalisasi sangat penting untuk meningkatkan dan memudahkan operasional perusahaan, mengurangi beban operasional IT, hingga menghemat biaya serta waktu.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer