Kamis, April 18, 2024
Berita TambangSip! Harga Nikel Diramal Naik Tahun 2022

Sip! Harga Nikel Diramal Naik Tahun 2022

Harga Nikel Diramal Naik – Sepanjang Januari hingga pertengahan Juni 2022, China melakukan lockdown dan membuat permintaan nikel dunia menurun. Meskipun begitu, harga rata-rata nikel dunia diyakini akan tetap tinggi.

Pada pukul 16:05 WIB, Rabu (15/6/2022) harga nikel dunia tercatat US$ 25.610/ton, naik 1,4% dibandingkan harga penutupan kemarin.

Diperkirakan pada tahun 2022, rata-rata harga nikel dunia US$ 27.500/ton, lebih tinggi dibanding rata-rata 2021, yaitu sebesar US$ 18.467/ton.

Perkiraan kenaikan harga nikel tersebut didasarkan pada beberapa faktor. Berikut rinciannya:

Pertama, pada 31 Mei 2022 pemerintah China mengumumkan langkah-langkah stimulus baru yang akan meningkatkan permintaan nikel. Misalnya, peningkatan kuota kepemilikan mobil, pengurangan pajak pembelian untuk kendaraan tertentu dan insentif untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur.

Baca Artikel  Harga Nikel Terangkat Berkat Pulihnya Industri China

China merupakan konsumen nikel terbesar di dunia, yaitu maencapai 1,31 juta ton. Sehingga permintaan dari China memiliki pengaruh terhadap laju harga nikel.

Namun, investor masih akan tetap waspada terhadap risiko yang datang apabila terjadi penutupan mobilitas lagi di China, sebagai upaya menghentikan penularan virus Corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19).

Baca Juga: Ekonomi China Pulih Dongkrak Harga Nikel Naik 2% Lebih

Kedua, konflik antara Rusia dan Ukraina yang masih berlangsung, diperkirakan masih akan mengganggu pasokan nikel dunia. Rantai pasokan dan kesulitan pembiayaan membuat pembeli mulai meninggalkan pasar Rusia.

Importir nikel akan semakin menghindari nikel dari Rusia, terutama karena risiko sanksi lebih lanjut dan dampak reputasi yang terkait dengan kesepakatan dengan Rusia.

Baca Artikel  Indonesia Sumbang 37 Persen Pasokan Nikel Dunia

Pada 2021 kontribusi Rusia kepada produksi tambang nikel dunia sebesar 9,3%. Maka berkurangnya pasokan dari Rusia ke pasar global akan berdampak signifikan terhadap harga nikel.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer