Kamis, Oktober 28, 2021

Ini 3 Alasan Kenapa Ladang Tambang jadi Primadona!

Ladang tambang menjadi salah satu sektor primadona dan komoditi yang menjanjikan hasilnya bagi para pengusaha, khususnya di Indonesia.

Pun hasil keuntungan dari sektor ini turut dirasakan masyarakat melalui sejumlah pemanfaatan barang tambang dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan, bisa dikatakan jika semua hasil olahan tambang sangat diperlukan dalam pemenuhan kebutuhan hidup manusia, mengingat hampir semua barang-barang yang kita gunakan dan pakai didominasi oleh barang-barang tambang.

Salah satu barang tambang yang sangat banyak digunakan pemanfaatannya adalah batubara. Material tidak hanya menjadi incaran para pengusaha, namun pemerintah juga dalam berbagai usaha mendukung pembangunan negara mendorong setiap perusahaan batubara untuk ambil bagian.

Namun, tahukah kamu alasan mengapa barang tambang seperti batubara menjadi sektor primadona di Indonesia? Berikut penjelasannya.

Batubara sebagai bahan tambang tepat untuk pembangkit listrik

Batubara sebagai barang tambang menjadi salah satu sumber energi primer yang tepat untuk digunakan untuk pembangkit listrik.

Mengacu pada ata outlook energi tahun 2014 yang dikeluarkan oleh Dewan Energi Nasional (DEN), Indonesia mempunyai daya batubara sebesar 119,82 miliar ton dan cadangan batubara sebesar 28,97 miliar ton. 

Sudah tidak mengherankan jika para pengusaha memanfaatkan kesempatan ini dengan banyak membangun perusahaan tambang yang mengelola batubara di dalam negeri.

Hal ini turut menempatkan Indonesia sebagai salah satu dari 10 negara penghasil batubara terbesar di dunia.

Menjadi sumber utama pembangkit listrik

Dengan jumlah batubara yang tinggi, tentunya material ini mempunyai peranan penting dalam penyediaan energi listrik untuk masyarakat. 

Berdasarkan laporan yang dirilis pemerintah beberapa tahun lalu, sedikitnya 27% dari total output energi dunia dan lebih dari 39% dari seluruh listrik dihasilkan oleh pembangkit listrik bertenaga batubara. 

Baca Juga: Keren! Eks-Tambang Timah Disulap Jadi Kawasan Wisata

Selain menawarkan keuntungan yang besar, pengusaha juga diuntungkan  dengan tingkat upah tenaga kerja di Indonesia yang juga relatif rendah namun tetap setara dengan usaha pekerja, tentunya pendapatan karyawan tambang di Indonesia akan jauh berbeda jika  dibanding negara-negara lain.

Memberikan untung bagi negara

Tidak hanya para pengusaha yang diuntungkan dari sektor ini, pemerintah dalam pembangunan negara sangat dibantu dengan berjalannya sektor ini.

Tentunya setiap perusahaan yang bergerak di industri batubara akan membantu pemerintah menaikkan pendapat negara.

Mulai dari kedatangan para investor asing hingga kewajiban perusahaan yang diberikan kepada negara.

Related Articles

Indonesia
12,735
Total active cases
Updated on October 28, 2021 3:45 pm

Latest Articles