Minggu, Februari 25, 2024
Berita TambangIni 5 Barang Tambang Andalan RI, Jadi Sumber Kekayaan Negara!

Ini 5 Barang Tambang Andalan RI, Jadi Sumber Kekayaan Negara!

Sejak lama Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya dengan Sumber Daya Alam (SDA), salah satunya yaitu sumber daya alam unggulan dari hasil tambang.

Tidak dapat dipungkiri juga, SDA mineral tambang Indonesia sudah terkenal hingga mancanegara dan bahkan menjadi rebutan negara-negara lain.

Hal tersebut dibuktikan dengan beberapa barang tambang RI yang telah diekspor ke negara lain, dan menghasilkan keuntungan bagi negara. Contoh saja seperti batubara. 

 

Mengutip pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada awal Januari 2023, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sepanjang 2022 mencapai Rp 588,3 triliun atau meningkat 28,3 persen dibandingkan realisasi 2021, yakni senilai Rp 458,5 triliun. Peningkatan realisasi PNBP tersebut berasal dari ekspor mineral dan batubara.

Meski tergolong sumber daya yang tidak dapat diperbarui, ada banyak jenis barang tambang Indonesia lainnya yang hingga saat ini menjadi sumber kekayaan negara. Penasaran apa saja? Yuk simak informasinya di bawah ini:

Baca Artikel  5 Kampus Terbaik untuk Jurusan Pertambangan di Dunia

  1. Batubara


Batubara digunakan untuk berbagai kebutuhan di Tanah Air. Mulai dari bahan bakar, pengganti kayu, bahan bakar untuk PLTU dan sebagainya.

Batu bara merupakan bahan tambang yang berasal dari sisa-sisa tumbuhan zaman purba yang terpendam dan mengendap selama berjuta-juta tahun.

Beberapa wilayah di Indonesia yang menjadi daerah tambang batu bara antara lain Bukit Asam di Tanjung Enim, Kotabaru di Kalimantan Selatan, Sungai Berau di Samarinda, hingga Ombilin di Sumatra Barat.

  1. Minyak bumi


Minyak bumi adalah barang tambang yang paling dibutuhkan manusia di seluruh dunia. Minyak bumi digunakan untuk bahan bakar, pembangkit listrik, bahan baku untuk industri, hingga keperluan rumah tangga.

Baca Artikel  INDY Bangun PLTS di Wilayah PT Kideco

 

Di Indonesia sendiri, terdapat sejumlah tambang minyak bumi yang tersebar di berbagai daerah. Di antaranya yaitu: 

 

  • Pulau Sumatra: Aceh, Riau, dan Muara Enim
  • Pulau Kalimantan: Tarakan, Amuntai, dan Sungai Mahakam
  • Pulau Jawa: Surabaya, Rembang, dan Majalengka
  • Maluku dan Papua.

 

  1. Tembaga


Barang tambang ketiga yang menjadi andalan Indonesia adalah tembaga. Barang tambang ini sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, untuk kabel listrik, untuk membuat kapal laut, peralatan industri konstruksi, hingga pembuatan pipa-pipa air.

  1. Emas


Emas adalah barang tambang yang bernilai tinggi. Barang tambang ini dapat diolah dan dimanfaatkan menjadi perhiasan dengan bermacam-macam bentuk, seperti cincin, kalung, gelang dan anting-anting.

Baca Artikel  Sustainable Ecotourism di Lahan Bekas Tambang

 

Indonesia menjadi salah satu negara penghasil emas terbesar di dunia. Tambang emas terbesar di Indonesia berada di Papua yang dikelola oleh PT Freeport Indonesia.

 

  1. Perak

 

Barang tambang Indonesia selanjutnya adalah perak. Barang tambang ini masih termasuk kategori logam mulia seperti emas. Bedanya, perak berwarna putih dan lebih sering dijadikan sebagai bahan baku pembuatan perhiasan.

 

Di Indonesia, perak dihasilkan di beberapa daerah, seperti Bengkalis di Sumatera, Cikotok di Jawa Barat, Rejang Lebong di Bengkulu, hingga Meulaboh di Aceh.

 
Nah, itulah tadi 5 barang tambang Indonesia yang menjadi sumber kekayaan Indonesia. Melihat potensi barang tambang Tanah Air cukup melimpah, semoga dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan tidak dieksploitasi secara terus-terusan. Semoga artikel ini bermanfaat Kawan!

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer