Minggu, Februari 25, 2024
MinerbaBatubaraIni Penjelasan dan Manfaat Sumber Daya Alam Tambang Bagi Kehidupan

Ini Penjelasan dan Manfaat Sumber Daya Alam Tambang Bagi Kehidupan

ilmutambang.com – Sumber Daya Alam (SDA) adalah unsur-unsur alam yang digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup manusia.

Sumber daya alam dapat dibagi menjadi dua, yaitu yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbarui. Salah satu contoh SDA yang tidak dapat diperbaharui seperti bahan tambang. 

Bahan tambang dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu barang tambang sumber energi atau bahan tambang bukan logam, seperti minyak bumi, gas alam dan batubara.

Baca Artikel  Sudah Tahu Jenis-jenis Barang Tambang Apa Saja?

Bahan tambang logam meliputi emas, perak, tembaga, bauksit, besi, perak, timah, nikel dan mangan. Bahan tambang industri, yaitu asbes dan kapur. 

Berikut manfaat sumber daya alam bahan tambang: 

  1. Batubara 

Batubara adalah hasil tambang yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan bakar pembangkit listrik yang kemudian disalurkan ke rumah-rumah penduduk. Batubara juga dimanfaatkan untuk peleburan bijih logam dan digunakan di perindustrian. 

  1. Minyak Bumi dan Gas Alam 

Minyak bumi dan gas alam adalah sumber daya alam yang makin sulit ditemukan. Hal tersebut lantaran minyak bumi merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Minyak bumi dan gas alam bermanfaat untuk energi transportasi, sebagai bahan bakar kendaraan dan perindustrian, serta energi rumah tangga, misalnya gas elpiji.

  1. Emas 

Emas merupakan barang tambang yang banyak manfaat karena memiliki harga selangit di pasaran. Emas diolah menjadi perhiasan, aksesoris, dan emas batangan sebagai ladang investasi jangka panjang. 

Baca Artikel  Banyak yang Belum Tahu, Ini Manfaat Perusahaan Tambang Bagi Negara!
  1. Timah 

Bijih timah merupakan bahan tambang hasil pelapukan batuan granit. Timah biasanya digunakan sebagai campuran logam lainnya karena tahan terhadap karat. Timah dimanfaatkan untuk pembuatan kaleng, tube, pelapis besi dan pembungkus coklat, rokok dan permen.

  1. Tembaga 

Tembaga adalah hasil tambang yang dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan suku cadang, pipa air, industri konstruksi dan pembuatan kuningan. Tembaga merupakan penghantar listrik yang baik, maka sering juga dipakai untuk peralatan kelistrikan.

  1. Mangan 

Mangan adalah logam hitam yang digunakan sebagai bahan baku batu baterai, bahan campuran pada pembentukan baja dan pembuatan keramik.

  1. Nikel 

Nikel biasanya nikel dicampur dengan besi agar kualitasnya makin baik. Selain itu juga dicampur dengan logam lain seperti tembaga untuk membuat perunggu dan kuningan. Nikel digunakan salah satunya sebagai bahan dasar pembuatan uang logam. 

  1. Bauksit

Bauksit merupakan satu di antara biji aluminium yang digunakan untuk pembuatan badan pesawat terbang, peralatan dapur dan kapal.

Demikian kawan tambang manfaat beberapa sumber daya alam berupa bahan tambang, yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Semoga terus bermanfaat. 

Baca Artikel  Bantuan Laboratorium Dari Kideco Untuk Kabupaten Paser

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer