Sabtu, September 18, 2021

Ini Prospek Kerja Buat Kamu Anak Teknik Pertambangan

Buat kamu anak Teknik Pertambangan, kira-kira sudah tahu belum prospek kerja yang cocok buat kamu saat lulus nanti? 

Setelah lulus dari Teknik Pertambangan, sebenarnya kamu bisa bekerja di berbagai perusahaan pertambangan.

Tapi tak melulu harus turun di lapangan, kamu juga memiliki prospek untuk bekerja sebagai konsultan hingga peneliti.

Ini Prospek Kerja Buat Kamu Anak Teknik Pertambangan
Ini Prospek Kerja Buat Kamu Anak Teknik Pertambangan

Yuk simak bahasan lebih lanjut mengenai prospek kerja buat anak Teknik Pertambangan!

  • Konsultan Pertambangan

Bekerja sebagai konsultan pertambangan tentu tidak bisa main-main. Pekerjaan ini memiliki kesulitan dan tantangan yang tinggi.

Konsultan pertambangan sendiri membantu dalam mengetahui sifat mineral apa yang akan ditambang, apa kegunaannya, dan bagaimana mineral tersebut akan diolah dan dimanfaatkan nantinya.

Konsultan pertambangan ini perannya sangat penting, karena membantu perusahaan agar tidak menambang secara bebas begitu saja. 

  • Ahli Tambang

Prospek kerja Teknik Pertambangan yang satu ini bertanggung jawab dalam melakukan survei lapisan permukaan bumi, untuk mengidentifikasi apakah lokasi tersebut cocok atau tidak untuk menjadi area pertambangan.

Ahli tambang juga bertugas dalam mendukung proses pertambangan yang ramah lingkungan dan memastikan keamanan peralatan dan kerja di lokasi tambang.

Nah buat kamu yang ingin menggeluti profesi ini, kamu harus bisa membuat laporan yang memiliki standarisasi dari Komite Cadangan Mineral Indonesia (KCMI).

  • Ahli Pengeboran

Anak Teknik Pertambangan pasti sudah tidak asing lagi dalam mempelajari matematika dan mekanisme alat. Oleh karena itu, ahli pengeboran juga bisa menjadi prospek kerja buat kamu anak Teknik Pertambangan.

Pekerjaan ini menuntut kamu untuk mengetahui bagaimana cara pengoperasian pengeboran yang lebih ekonomis. Oleh karena itu, gaji yang biasanya kamu dapatkan dari pekerjaan ini pun cukup fantastis.

  • Peneliti

Untuk menjadi peneliti, umumnya lulusan Teknik Pertambangan harus mengambil studi lanjut di program pascasarjana.

Prospek kerja yang satu ini tentunya sangat menjanjikan, mengingat saat ini perguruan tinggi yang membuka jurusan Teknik Pertambangan masih relatif sedikit. 

Sehingga peluang kamu untuk menjadi peneliti masih terbuka lebar. Lulusan Teknik Pertambangan dapat bekerja sebagai peneliti di lembaga penelitian seperti LIP dan BPPT.

  • Kerja di Kementerian ESDM atau BUMN

Tidak sedikit dari lulusan Teknik Pertambangan yang pastinya ingin bekerja di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 

Baca Juga : Kamu Anak Tambang Sudah Tahu Arti Kode KCMI?

Untuk bekerja di instansi pemerintah, kamu bisa mendaftarkan diri sebagai Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Di luar itu, terkadang ada beberapa kementerian lain yang memberikan kesempatan bagi lulusan jurusan ini. Bahkan kamu bisa bekerja di dinas tingkat daerah seperti Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral.

Itulah beberapa prospek kerja yang cocok buat kamu anak Teknik Pertambangan dan bisa dipilih untuk pekerjaan masa depanmu. Bagaimana, sudah terpikir belum mau pilih yang mana?

Related Articles

Indonesia
68,942
Total active cases
Updated on September 18, 2021 12:45 pm

Latest Articles