Jumat, Maret 1, 2024
MinerbaBatubaraIntip Yuk, Peta Persebaran Tambang di Tanah Air

Intip Yuk, Peta Persebaran Tambang di Tanah Air

Peta Persebaran Tambang – Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam yang sangat berlimpah dari Merauke sampai Sabang. Indonesia adalah negara yang kuat di arena industri pertambangan global, dengan produksi komoditas penting seperti batubara, tembaga, nikel, timah, bauksit dan emas.

UU No.11 Tahun 1967 Tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Pertambangan membagi bahan galian menjadi 3 jenis, yaitu:

Bahan galian golongan A (bahan galian strategis) untuk kepentingan pertahanan, keamanan negara dan perekonomian negara. Bahan galian strategis terdiri dari minyak bumi, batubara, gas alam.

Bahan galian golongan B (bahan galian vital) untuk menjamin hajat hidup orang banyak. Bahan galian vital termasuk besi, mangan, bauksit, tembaga, timbal, seng, emas, platina dan perak.

Baca Artikel  ‘Sawahlunto’ Kota Tambang Batubara Tertua di Asia Tenggara

Bahan galian C (bahan galian di luar golongan A dan B). Bahan galian C miliputi nitrat, fosfat, asbes, talk, grafit, kaolin, feldspar, marmer, pasir kuarsa dan pasir.

Bahan tambang tersebut dapat ditemukan di setiap daerah di seluruh wilayah Indonesia:

a). Sumatra dengan hasil tambang, yaitu minyak bumi, gas alam, batubara, emas, perak, mangan, belerang, platina, timah, bauksit, granit, tembaga, bijih besi dan batu kapur.

b). Jawa dan Nusa Tenggara menyimpan potensi tambang, berupa minyak bumi, gas alam, batubara, timah hitam, batu kapur, marmer, emas, perak, mangan, belerang, bijih besi, gypsum, fosfat,

Baca Juga: Penasaran Gimana Cara Mengambil Barang Tambang? Ini Infonya..

c). Kalimantan terkenal dengan minyak bumi, intan, batubara, gas alam, bauksit, aluminium, nikel, bijih besi, emas, perak, mangan, perunggu, belerang dan gypsum

Baca Artikel  Salut! Kideco Urutan Ketiga Terbesar Produksi Batubara Nasional

d). Sulawesi dan Maluku memiliki kekayaan tambang, yaitu nikel, minyak bumi, emas, perak, tembaga, granit, batu kapur, timah hitam, gypsum, belerang, marmer, bijih besi dan mangan.

e). Papua menyimpan kekayaan alam yang melimpah, yakni emas, nikel, tembaga, minyak bumi, gas alam, batubara, marmer dan alumunium.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer