Kamis, Juli 25, 2024
Berita TambangJurusan Teknik Pertambangan: Definisi hingga Peluang Karir

Jurusan Teknik Pertambangan: Definisi hingga Peluang Karir

ilmutambang.com – Pertambangan adalah serangkaian kegiatan untuk mengambil endapan bahan galian berharga dan bernilai ekonomis dari dalam kulit bumi, baik secara mekanis maupun manual. Industri pertambangan berperan penting bagi pertumbuhan ekonomi dunia. Maka banyak orang berminat untuk menggeluti usaha di dunia pertambangan.

Demi mengerti dan paham paham apa saja yang ada di industri pertambangan, biasanya jalur pendidikan yang harus ditempuh melalui pengambilan kuliah jurusan teknik pertambangan.  

Jurusan Teknik Pertambangan adalah jurusan yang mendidik dan melatih para mahasiswa tentang seluk-beluk industri tambang .Jurusan ini berfokus pada proses eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam, seperti mineral dan batubara.

Mahasiswa Jurusan Teknik Pertambangan akan mempelajari berbagai mata kuliah, yang mencakup aspek-aspek penting dalam industri pertambangan. 

Baca Artikel  Mau Beli Alat Berat Pertambangan Bekas? Yuk Perhatikan Tips Berikut!

Beberapa mata kuliah yang disediakan antara lain:

  • Fisika Dasar
  • Kimia Dasar
  • Geologi Fisik
  • Kristal dan Mineral
  • Matriks dan Ruang Vektor
  • Mekanika Fluida
  • Mekanika Teknik
  • Metode Numerik
  • Petrologi
  • Termodinamika Tambang

Selain mata kuliah umum tersebut, setiap mahasiswa dapat memilih konsentrasi sesuai minat mereka. Dua konsentrasi tersebut adalah Tambang Eksplorasi dan Tambang Umum. Masing-masing dengan mata kuliah khusus dan bervariasi.

Baca Artikel  Melalui Kebijakan Ini, Ketimpangan Pekerja Perempuan di Tambang Bisa Teratasi!

Prospek karir lulusan Jurusan Teknik Pertambangan sangat menjanjikan dan memiliki peluang untuk bekerja di berbagai sektor industri, termasuk:

  1. Industri Pertambangan Batubara
  2. Industri Pertambangan Tembaga
  3. Industri Pertambangan Emas
  4. Industri Pertambangan Nikel
  5. Industri Pertambangan Besi
  6. Industri Pertambangan Timah

Selain itu, lulusan Teknik Pertambangan juga dapat berkarir di industri lain, seperti perusahaan alat berat, pembangkit listrik atau industri semen. 

Gaji yang diterima oleh lulusan Jurusan Teknik Pertambangan dapat berada di atas rata-rata, mencapai sekitar Rp110 juta per-tahunnya. Ini bergantung pada posisi, kemampuan,\ dan pengalaman di dunia kerja. Cukup besar, bukan? 

Mempelajari teknik pertambangan akan membuka pintu lebar menuju karir di dunia industri pertambangan. Selain itu, jurusan ini juga menjanjikan peluang karir yang luas dan menarik dan kontribusi yang signifikan pada industri pertambangan. 

Semoga artikel ini bermanfaat ya, Kawan! 

Baca Artikel  Bentuk Komitmen Terhadap Paser, Kideco Bangun 30 Unit RLH

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer