Minggu, Juni 16, 2024
Berita TambangKideco Bangun Integrated Farming System Pengganti Tambang

Kideco Bangun Integrated Farming System Pengganti Tambang

Kideco membangun Integrated Farming System (IFS) sebagai salah satu upaya untuk membangun sektor unggulan pengganti tambang.

Upaya ini dilakukan bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser provinsi Kalimantan Timur.

Usaha pertambangan cepat atau lambat akan berada di garis akhir. Kideco sebagai salah satu perusahaan tambang, dikenal kepeduliannya terhadap masyarakat.

Tidak sedikit dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang digunakan Kideco terkait kontribusinya dalam membangun kabupaten Paser.

IFS adalah upaya pemanfaatan keterkaitan antara tanaman (perkebunan, pangan, hortikultura), hewan ternak dan perikanan, untuk mendapatkan agroekosistem yang mendukung produksi pertanian, peningkatan ekonomi dan pelestarian sumber daya alam.

Bisa juga disebut sebagai sistem pertanian terpadu, biasanya IFS beroperasi dalam satu kawasan atau titik. Sehingga hasil perkebunan dan peternakannya akan unggul.

Baca Artikel  Kideco Sukses Bantu Masyarakat Paser Lewat CSR

Kideco merencanakan membangun IFS di Desa Samurangau, Kec. Batu Sopang, Kabupaten Paser. Di dalam program ini, Kideco menjelaskan sebagian lahan pengganti tambang akan ditanamkan kelapa sawit. Tidak hanya itu, sisa lahannya akan ditanami jagung dan rumput untuk pakan ternak sapi.

Adanya IFS Kideco juga merencanakan untuk membuat kandang ternak itik dan kolam ikan. Kotoran yang berasal dari peternakan akan didaur ulang dan digunakan sebagai pupuk.

Baca Juga : Reklamasi Tambang Kideco Berhasil Selamatkan Lingkungan

Mengganti tambang dengan IFS dan menanam kelapa sawit adalah untuk memberikan gambaran kepada petani yang ada di kabupaten Paser.

Bahwasannya hasil beternak dan menanam jagung serta tanaman hortikultura jauh lebih berpotensi menghasilkan dari pada kelapa sawit.

Baca Artikel  Wow! Di Lokasi Tambang juga Ada Razia Loh

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer