Minggu, Mei 26, 2024
Berita TambangDLH Paser - Kideco Menggelar Pelatihan Pengelolaan Sampah

DLH Paser – Kideco Menggelar Pelatihan Pengelolaan Sampah

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab. Paser bekerja sama dengan PT Kideco Jaya Agung menggelar pelatihan pengelolaan sampah berbasis masyarakat melalui program 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle) di Desa Songka, Kecamatan Batu Sopang, Paser, Kalimantan Timur. .

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, 13-15 Juni 2022, dan diikuti oleh anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Batu Sopang. 

Pengelolaan sampah berbasis 3R, yaitu Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Reduce yaitu mengurangi jumlah sampah, dan Recycle berarti mendaur ulang sampah untuk dijadikan produk lain yang bermanfaat.

Inisiasi pelatihan pengelolaan sampah ini mendapat respons positif dari pemerintah daerah setempat, karena telah membekali para peserta dengan keterampilan mengelola sampah agar memiliki nilai ekonomi. 

Baca Artikel  Keran Dibuka, Kideco Ekspor 51.000 Ton Batubara

Pemerintah Daerah (Pemda) Batu Sopang menyampaikan terima kasih kepada manajemen PT Kideco Jaya Agung yang telah peduli dan mau bersinergi dengan Pemda lewat pelatihan ini demi meningkatkan kualitas lingkungan hidup di Kabupaten Paser. 

Baca Juga: Kideco Bangun Kembali Masjid di Desa Janju, Paser

Pemda juga berharap, kepedulian yang dilakukan Kideco ini dapat diikuti oleh perusahaan lain di Kabupaten Paser. Apabila kegiatan ini terus ada, maka bisa tercipta implementasi dari ekonomi hijau seperti tujuan pemerintah pusat. 

Untuk diketahui, Desa Songka terdapat Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sehingga sampah dapat membawa dampak negatif bagi lingkungan dan warganya. 

Adanya pelatihan ini juga bertujuan supaya bisa mengurangi dampak negatif sampah rumah tangga, dan bisa tercipta rantai ekonomi dari industri kecil menengah dari pengolahan sampah.

Baca Artikel  INDY Ajukan Perpanjangan PKP2B Kideco Pada 2021

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer