Minggu, Mei 26, 2024
Berita TambangMasterMine, Aplikasi yang Bisa Pantau Limbah Tambang..

MasterMine, Aplikasi yang Bisa Pantau Limbah Tambang..

Salah satu tema strategis utama MIND ID adalah transformasi digital. Untuk itu MIND ID melakukan uji coba aplikasi digital pengelolaan air limbah tambang.

MasterMine adalah aplikasi yang dikembangkan oleh anak bangsa dan direncanakan beroperasi penuh pada kuartal IV 2022 tersebut. Hadirnya perangkat ini diharapkan akan mempermudah pengelolaan kualitas air limbah tambang.

Latar Belakang pengembangan aplikasi ini adalah mendesaknya kebutuhan tata kelola limbah, sebagai komitmen pelaksanaan praktik penambangan yang baik.

Aplikasi Mastermine merupakan suatu sistem terintegrasi secara kimiawi dan digital dalam mengolah, memonitor dan mengontrol air limbah tambang secara daring dan mudah digunakan.

Kualitas air limbah tambang dipantau dan dosis reagen yang diinjeksikan ke dalam air limbah tambang dapat diatur secara real time.

Baca Artikel  Gasifikasi Batubara Jadi Solusi Tekan Impor LPG

Ketika terjadi penurunan kualitas air limbah tambang, aplikasi ini memiliki fitur peringatan dan pemberitahuan kepada operator sehingga dapat langsung mengambil tindakan korektif dengan mengatur dosis reagen lebih lanjut.

Baca Juga: Harga Batubara Acuan Kembali Meroket, Jadi US$288,40/Ton

MIND ID sebagai perusahaan pengelola sumber daya alam yang menghasilkan produk samping, sangat memerlukan penanganan dengan tingkat prioritas tinggi. Pengolahan limbah merupakan salah satu bagian biaya operasional penambangan yang cukup tinggi.

Pengaplikasian teknologi mutakhir dan penerapan digitalisasi tersebut tentu dapat menciptakan penghematan biaya dan keberlangsungan usaha di industri pertambangan.

Perangkat MasterMine diharapkan akan memberi 10 sampai 20 persen tingkat efisiensi dari total biaya pengolahan air limbah tambang.

Baca Artikel  Ternyata Limbah Batubara Punya Kandungan Mineral Berharga!

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer