Jumat, November 25, 2022

Mengenal Lebih Dekat 5 Alat Berat yang Ada di Pertambangan

Dalam kegiatan industri pertambangan terdapat beberapa macam alat berat yang digunakan. Tujuan utama penggunaan alat berat yaitu untuk meringankan pekerjaan manusia sehingga pekerjaan akan selesai lebih cepat.

Alat berat merupakan kebutuhan utama industri pertambangan, terutama pada tambang berskala besar. Namun, penggunaan alat berat harus disesuaikan dengan jenis pekerjaan di lapangan.

Alat berat dapat dibedakan berdasarkan fungsinya. Klasifikasi fungsionalnya dibagi atas pengolah lahan, penggali, pengangkut material, pemindahan material dan lain sebagainya. Untuk penjelasan lengkapnya, simak informasinya di bawah ya: 

  1. Pengolah Lahan

Alat pengolahan lahan ini digunakan untuk membuka lahan atau membersihkan semak dan pepohonan. Alat ini adalah bulldozer, scraper dan motor grader.

Bulldozer untuk membuka lahan. Scraper untuk mengangkat lapisan tanah paling atas. Motor grader untuk meratakan permukaan tanah. Ketiganya digunakan untuk mengolah lahan pembukaan tambang.

  1. Penggali

Alat penggali dipakai untuk melakukan penggalian. Yaitu menggali tanah maupun bebatuan. Alat ini adalah ekskavator, yang dapat dipakai menggali material tambang, memuat material ke dump truck dan menggali tanah penutup.

Ekskavator terdiri 3 jenis, yakni backhoe yang dipakai untuk penggalian, front shovel dipakai untuk mengikis tebing dan batuan dan dragline untuk memuat material dalam jangkauan luas dan volume besar.

  1. Pengangkut Material

Alat pengangkut material untuk memindahkan material dari satu tempat ke tempat lain yang jaraknya jauh. Alat ini adalah dump truck. Dump truck mirip truk biasa tetapi kapasitasnya jauh lebih besar. 

  1. Pemindahan Material

Alat pemindahan material yang dipakai untuk memindahkan material dari satu alat ke alat lainnya. Alat ini adalah wheel loader.

Wheel loader mirip dengan tractor, namun mempunyai bucket berukuran besar di bagian depan. Bucket berguna menampung material tambang untuk dipindahkan ke conveyor. Wheel loader juga dipakai untuk memuat tanah penutup yang telah ditimbun.

  1. Pemroses Material

Alat pemroses material bertujuan mengubah batuan atau mineral menjadi bentuk dan ukuran sesuai kehendak. Misalnya, stone crusher yang mengubah agregat dan asphalt mixing plant dalam produksi hotmix.

Alat berat merupakan perangkat khusus yang digunakan dalam pekerjaan berat, terutama pada proyek infrastruktur dan industri pertambangan. Oleh karena itu, dengan hadirnya alat berat tentu dapat mempermudah para pekerja di tambang. 

Related Articles

Indonesia
63,052
Total active cases
Updated on November 25, 2022 10:21 pm

Latest Articles