Minggu, April 14, 2024
Ilmu TambangMengenal Ragam Manfaat FABA di Bidang Konstruksi

Mengenal Ragam Manfaat FABA di Bidang Konstruksi

Ragam Manfaat FABA – Berdasarkan peraturan pemerintah Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan, Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) telah ditetapkan sebagai limbah non B3 sehingga dapat dimanfaatkan secara maksimal, salah satunya di bidang konstruksi.

FABA adalah abu atau sisa dihasilkan pembakaran batubara pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) atau industri dengan bahan bakar batubara. 

FABA dapat diolah menjadi beragam produk diversifikasi bidang konstruksi. Campuran 50 persen Fly Ash dan 20 persen Bottom Ash dapat dibuat menjadi bata beton untuk dinding. Bahkan, campuran 25 persen Fly Ash dengan tanah liat bisa dibuat genteng keramik.

Baca Artikel  Batubara, Pembangkit Rendah Emisi Diincar Banyak Negara

Baca Juga : 3 Upaya Reklamasi Tambang Demi Menjaga Lingkungan

Selain itu, diversifikasi produk berbasis FABA di antaranya bisa menjadi paving block, tetrapod untuk penahan pantai, ubin tembus air, maupun conblock dan juga semen. 

Salah satu perusahaan swasta dekat  PLTU Tanjung Jati B di Jepara, Jawa Tengah berhasil memanfaatkan FABA menjadi salah satu komoditas yang bernilai ekonomi tinggi, seperti aneka bahan bangunan. 

Perusahaan tersebut memberdayakan dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar. FABA diolah menjadi konblok, bahan tambahan cor semen atau bahan bangunan lainnya. 

Melihat ragam manfaat yang dihasilkan FABA, kini limbah batubara ini tidak lagi menjadi momok yang harus ditakuti karena nyatanya bisa menjadi aset ekonomi yang bernilai tinggi. 

Baca Artikel  Para Wanita Tangguh di Balik Alat Berat Tambang

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer