Senin, Mei 27, 2024
MinerbaBatubaraPemanfaatan Batubara untuk Kehidupan Sehari-hari

Pemanfaatan Batubara untuk Kehidupan Sehari-hari

Pemanfaatan batubara untuk kehidupan sehari-hari – Mengutip Pusat Kajian Sumberdaya Bumi Non-Konvensional Universitas Gadjah Mada, batubara adalah akumulasi dari sisa-sisa tumbuhan yang mati dan tidak mengalami pembusukan dengan sempurna. 

Komponen tersebut tersimpan dengan baik di bawah tanah endapan. Seiring berjalannya waktu dan pergeseran tektonik, komponen ini terakumulasi semakin banyak dan semakin dalam. 

Batubara termasuk sumber daya yang sangat berharga bagi kehidupan manusia. Hampir 40 persen, bahan bakar pembangkit listrik di seluruh dunia menggunakan batubara. 

Berikut pemanfaatan batubara dalam kehidupan kita sehari-hari: 

  1. Sumber Energi Pembangkit Listrik

Sebagai sumber pembangkit tenaga listrik. Beberapa negara yang menggunakan batubara sebagai bahan bakar utama pada pembangkit tenaga listrik antara lain China, India, Australia, Jepang, Jerman dan beberapa negara lainnya.

  1. Pendukung Industri Alumunium
Baca Artikel  Kehadiran Batubara Berikan Manfaat Bagi Kehidupan Kita

Sebagai pendukung industri alumunium. Bahan ini diperoleh sebagai hasil sampingan dari proses oksidasi besi pada aktivitas industri baja.

Gas dan panas kokas dari batubara bisa memisahkan beberapa produk baja. Hal ini kemudian menghasilkan produk alumunium, yang biasanya dipakai untuk berbagai jenis industri seperti pertanian, peralatan dapur, konstruksi serta industri lainnya.

  1. Penghasil Produk Gas

Sebagai penghasil produk gas. Batubara yang ada di dalam tanah secara langsung menghasilkan gas alam.

Gas alam yang dihasilkan oleh batubara murni ini kemudian diolah di pertambangan untuk dijadikan berbagai macam produk, seperti bahan bakar industri, pembangkit listrik tenaga gas, serta produk hidrogen dan solar.

  1. Penggunaan Tar Batubara
Baca Artikel  Alasan Mengapa CSR Direalisasikan di Industri Tambang

Penyulingan batubara  akan menghasilkan residu yang disebut sebagai tar batubara yang berbentuk cair dan berwarna hitam pekat.

Baca Juga: Hari Ini! Ekspor Batubara Dibuka Lagi 12 Januari

Tar batubara  kerap dipakai untuk memperbaiki rumah dan bagunan, serta produksi kain. Material ini banyak dimanfaatkan untuk membuat bangunan tahan air, isolasi bangunan, membuat cat, kain, sampo, dan sabun.

  1. Pemanfaatan Limbah Batubara

Beberapa waktu lalu, Pemerintah Indonesia mengeluarkan fly ash dan bottom ash dari kategori limbah bahan berbahaya dan beracun alias B3.  

Fly ash dan bottom ash merupakan limbah padat yang dihasilkan dari proses pembakaran batubara pada PLTU.

Limbah batubara dapat bernilai ekonomi apabila dimanfaatkan untuk penunjang infrastruktur seperti bahan baku pembuatan jalan, conblock, semen, hingga bahan baku pupuk.

Baca Artikel  Minat Kerja di Tambang? Yuk Kenali Dulu Mata Kuliah ini

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer