Minggu, November 28, 2021

Penambangan Ramah Lingkungan Lewat Microgrid

PT ABB Power Grids Indonesia berhasil menerapkan penambangan ramah lingkungan lewat penggunaan microgrid.

Penggunaan microgrid memastikan pasokan listrik listrik yang berkelanjutan untuk operasi penambangan off-grid di fasilitas Indo Tambangraya Megah (ITM) yang disebut Indominco Mandiri (IMM).

IMM terletak di Bontang, Kalimantan Timur jadi yang pertama merasakan penggunaan microgrid. IMM memiliki operasi penambangan yang relatif besar, dengan lebih dari 600 karyawan dan menghasilkan sekitar 12,5 MT batubara setiap tahun.

Microgrid beroperasi memanfaatkan tenaga surya untuk membantu mengurangi jejak karbon dari ITM. Langkah ini merupakan komitmen perusahaan untuk mengurangi emisi karbon, sekaligus mengurangi biaya operasional.

Beroperasi sejak tahun 2019, selain memasok listrik untuk IMM adanya microgrid juga mampu menstabilkan dan meningkatkan efisiensi energi dengan portofolio solusi grid edge-e., e-meshTM, termasuk sistem penyimpanan energi berbasisi baterai lithium, PowerStoreTM (BESS) dan sistem kontrol untuk otomasi jaringan.

Sistem microgrid diproyeksikan menghasilkan 230 MWh energi dari PV surya setiap tahun, sehingga dapat mengurangi emisi karbon dioksida sebesar 192 ton.

Bagi industri padat energi seperti pertambangan, penurunan biaya untuk pembangkit dan penyimpanan daya dengan energi merupakan pilihan yang menarik.

Namun, disisi lain suplai daya yang stabil dan handal juga menjadi faktor sangat penting dalam menentukan keberhasilan operasional.

Solusi smart microgrid seperti ini mampu memenuhi kedua faktor diatas sehingga, pemasangan microgrid pada pertambangan menjadi langkah cerdas dan menguntungkan tanpa mengabaikan keberlangsungan lingkungan.

Presiden Direktur ITM Mulianto mengatakan jika pihaknya merasa bangga microgrid ini bisa berfungsi sepenuhnya pada 2020. Keberhasilan ini mendorong ITM dapat mereplikasi proyek tersebut di lokasi yang lain.

Presiden Direktur PT ABB Power Grids Indonesia Michael Burtin mengungkapkan rasa terhormat dan bangga, atas kepercayaan yang diberikan oleh ITM kepada pihaknya.

Baca Juga : UCG Hasilkan Bahan Bakar Gas Ramah Lingkungan

Burtin menyampaikan bahwa, solusi microgrid ini menjadi bagian portofolionya dalam mengintegrasikan pembangkit tenaga surya dan sistem energy storage berbasisi baterai ke dalam instalasi tenaga listrik yang ada.

Penggunaan microgrid ini tentunya berdampak positif pada stabilitas dan kelancaran operasi penambangan yang berkelanjutan, tanpa mengabaikan dampak kepada lingkungan.

Related Articles

Indonesia
8,226
Total active cases
Updated on November 27, 2021 11:25 pm

Latest Articles