Senin, April 15, 2024
MinerbaMineralPentingnya Penambangan Batubara Bertanggung Jawab

Pentingnya Penambangan Batubara Bertanggung Jawab

Penambangan Batubara – Good Mining Practice (GMP) merupakan kerangka kerja aplikatif yang memberikan dampak positif pada aktivitas pertambangan, sehingga akan memberikan hasil yang maksimal. GMP merupakan kerangka dan parameter kerja yang dikeluarkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Industri pertambangan batubara tidak hanya terbatas pada produk batubara itu sendiri, namun lebih dari itu. Kegiatan pertambangan batubara dapat memberikan manfaat berkelanjutan bagi pertumbuhan sosial bila dikelola dan dilaksanakan dengan perencanaan baik dan cara yang bertanggung jawab.

Industri batubara selalu berupaya untuk meminimalisir dampak negatif yang akan timbul serta mengoptimalkan dan memperbesar ruang dampak positif. Serta mengoptimalkan dan memperbesar dampak positif, sehingga tambang tersebut memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi seluruh pemangku kepentingan.

Baca Artikel  Eks-Tambang Batu Bara Ombilin Bakal Jadi Objek Wisata

GMP dalam dunia tambang batubara dapat di mulai dari mendengarkan aspirasi karyawan. Caranya yaitu dengan membangun dan menjalin hubungan yang baik dengan semua karyawan dengan beberapa pendekatan.

Perusahaan dapat menyusun program-program pelatihan dan pengembangan, evaluasi kinerja, forum-forum sosialisasi Tata Kelola Perusahaan yang Baik (GCG). Komunikasi Sistem Manajemen Lingkungan (ISO 14001), sosialisasi Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (OHSAS 18001), kegiatan sosial serta olahraga dan konsultasi terbuka yang difasilitasi oleh divisi Sumber Daya Manusia melalui departemen Hubungan Industri.

Baca Tips Penanggulangan Dampak Penambangan Batubara

Perusahaan batubara juga harus terbuka terhadap setiap masukan dari komunitas yang tinggal di sekitar daerah operasional. Supaya mendapatkan informasi dan masukan dari masyarakat, termasuk harapan dan kekhawatiran mereka yang terkait dengan kegiatan operasional perusahaan. Selanjutnya, masukan tersebut dianalisa dan dikembangkan menjadi program-program sosial-ekonomi kemasyarakatan.

Baca Artikel  ESDM Permudah Izin Pertambangan Berbasis Digital

Pemangku kepentingan memainkan peran penting untuk membangun komunikasi yang transparan. Untuk menciptakan dan memelihara rasa saling percaya dalam menempuh jalan menuju usaha yang keberlanjutan.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer