Kamis, Juli 25, 2024
Ilmu TambangPesona Indah Danau Kaolin Bekas Area Pertambangan

Pesona Indah Danau Kaolin Bekas Area Pertambangan

Danau Kaolin atau yang lebih dikenal dengan Kolong Biru merupakan bekas wilayah pertambangan timah. 

Danau ini berada di Desa Nibung Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah. Danau Kaolin ini merupakan wilayah penambangan bijih timah milik PT Koba Tin yang tidak lagi dieksplorasi sejak 1971. 

Lahan bekas pertambangan timah tersebut membentuk kawah yang berwarna putih pada bagian sisinya dan dipenuhi air berwarna biru. Timbunan bekas galian berwarna putih itu menambah indah pemandangan. Perpaduan warna putih dan biru ini sangat indah, apalagi jika siang hari. 

Meskipun bekas tambang timah, Danau Kaolin memiliki udara yang segar tanpa terganggu aroma belerang, karena kawasan ini memang bukan kawah pegunungan.

Baca Artikel  Kideco Membagikan Belasan Ribu Paket Bingkisan Jelang Hari Raya

Air danau yang berwarna biru tosca yang jernih sangat kontras dipadukan dengan tekstur gundukan tanah berpasir putih. Warna air ini dapat berubah-ubah akibat suhu udara dan pancaran sinar matahari. 

Baca Juga : Indahnya Danau Kaolin, Biru Memikat Bekas Pertambangan

Danau Kaolin memang unik dan menarik sehingga berhasil menyedot perhatian banyak turis domestik maupun mancanegara. 

Lokasi wisata ini menjadi salah satu wisata andalan yang dimiliki Kabupaten Bangka Tengah dan masuk salah satu Destinasi Unik Terpopuler pada Anugerah Pesona Indonesia 2019. Bahkan selama 2020, terdapat 72.701 wisatawan berkunjung ke tempat wisata ini.

Objek wisata ini semakin menarik karena didukung dengan fasilitas kepariwisataan seperti toilet¸ pujasera, lapangan parkir yang luas dan toko cinderamata. 

Baca Artikel  Sejak Kapan Investasi Asing Minerba Masuk Ke Indonesia?

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer