Jumat, Maret 1, 2024
Berita TambangPolandia Jadikan Tambang Garam untuk Rehabilitasi Covid

Polandia Jadikan Tambang Garam untuk Rehabilitasi Covid

Hampir seluruh negara di muka bumi ini merasakan adanya pandemi Covid-19 termasuk Polandia, negara ini melakukan rehabilitasi untuk pasien Covid-19 di tempat yang beda, yaitu memanfaatkan tambang garam. Polandia membuat komplek resor kesehatan di dalamnya yang bernama Wieliczka.

Weiliczka juga merupakan nama yang diambil dari nama tambang garam itu sendiri. Tempat ini menjadi sumber garam terbesar bagi Polandia, karena mampu menghasilkan 7 sampai 8 ton garam setiap tahunnya.

Dibangun pada abad ke-13 tambang garam Weiliczka adalah salah satu tambang tua yang beroperasi di dunia. Meskipun pada akhirnya harus menghentikan penggalian pada tahun 2007.

Tambang garam Weiliczka menjadi Monumen Bersejarah Polandia (Pomnik Historii) secara resmi. Di dalamnya anda dapat melihat poros dan lorong labirin, danau bawah tanah, pameran teknologi, tempat penambangan garam bersejarah, empat kapel, patung ukiran dari seniman dan penambang-penambang baru garam.

Baca Artikel  ‘Yubari’ Museum Tambang yang Sarat Sejarah di Jepang

Saat ini tambang garam Weiliczka telah menjadi objek wisata dan merupakan situs warisan dunia UNESCO.

Namun selama pandemi Covid-19 berlangsung, Polandia mengalih fungsikan menjadi tempat rehabilitasi pasien Covid-19.

Baca Juga: Orang Terkaya Bidang Tambang dan Geologi, Siapa Saja?

Kompleks resor kesehatan ini terletak 135 meter di bawah tanah yang diprioritaskan bagi pasien yang sudah pulih namun masih memiliki efek kesehatan negatif seperti, mudah lelah dan kapasitas imun yang rendah.

Selain menjadi tuan rumah untuk rehabilitasi pasien Covid-19, tambang garam Weiliczka juga selama bertahun-tahun dijadikan untuk pengobatan pernafasan kronis.

Dinyatakan jika pada tempat ini memiliki kemurnian udara yang disebabkan oleh konsentrasi aerosol garam yang tinggi, ionisasi dan peningkatan tekanan atmosfer. Dari peristiwa tersebut berdampak baik untuk kemujuran rehabilitasi paru-paru.

Baca Artikel  Siap-siap! Indonesia Kebanjiran Pesanan Batubara dari India

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer