Jumat, Februari 26, 2021

Potensi Batubara Indonesia

Potensi Batubara Indonesia

Potensi Batubara Indonesia
Potensi Batubara Indonesia

Tidak dapat dipungkiri batubara adalah sumber energi yang telah lama diandalkan untuk memenuhi kebutuhan energi dalam Indonesia.

Dengan jumlah sumberdaya cukup signifikan didukung biaya eksplorasi dan eksploitasi yang relatif murah, saat ini batubara adalah sumber energi yang paling siap dan ekonomis untuk memenuhi kebutuhan energi dalam negeri dibanding sumber energi lainnya.

Listrik yang dihasilkan dari PLTU batubara misalnya, terbilang paling murah dibandingkan listrik yang dihasilkan oleh pembangkit listrik tenaga minyak, gas bumi, maupun panas bumi (KESDM, 2018).

Lebih dari 50% kebutuhan listrik Indonesia saat ini, juga disediakan oleh pembangkit listrik tenaga batubara (ESDM, 2018).

Dari segi ekonomi pun batubara berperan banyak menghasilkan dana segar untuk negara melalui ekspor.

Pemanfaatan batu bara, di samping digunakan secara langsung sebagai sumber energi pada pembangkit tenaga listrik, batubara juga memiliki potensi energi lainnya.

Proses pembatubaraan misalnya, menghasilkan gas metana batubara (GMB/ CBM) yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi, setara dengan gas alam lainnya.

Baca Juga: Proses Pembentukan Batubara Disebut di Al-Quran

Batubara juga dapat dikonversi menjadi gas (gasifikasi batubara) ataupun dikonversi menjadi hidrokarbon cair (likuifaksi batubara).

Jika potensi GMB Indonesia telah mulai dieksplorasi, potensi gasifikasi dan pencairan batubara masih dalam tahapan riset.

Related Articles

Indonesia
158,408
Total active cases
Updated on February 26, 2021 9:33 pm

Latest Articles