Rabu, April 17, 2024
Berita TambangPotensi Bijih Besi Indonesia: Peredaran, Wilayah Pertambangan, dan Pemanfaatannya

Potensi Bijih Besi Indonesia: Peredaran, Wilayah Pertambangan, dan Pemanfaatannya

ilmutambang.com – Indonesia memiliki potensi bijih besi yang sangat besar berupa besi pasir, besi primer, dan besi laterit. Kekayaan bijih besi Tanah Air dipengaruhi oleh struktur geologisnya yang sangat kompleks. Sumber daya alam berupa bijih besi yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia mencapai 1 miliar ton atau sekitar 0,49% dari total sumber daya dunia.

[ez-toc]

Peredaran 

Penambangan bijih besi terbesar di Indonesia sebagian banyak terdapat di Kalimantan Selatan, sedangkan terkecil tersebar luas di Kalimantan Barat, Jambi, Riau Bangka Belitung, dan Sulawesi Utara.



Wilayah Pertambangan 

Wilayah penghasil bijih besi di Indonesia terdapat di:

  1. Pulau Derawan, Kalimantan Selatan.
  2. Pulau Sebuku, Kalimantan Selatan.
  3. Lengkabana, Sulawesi Tengah.
  4. Longkana, Sulawesi Tengah.
  5. Pegunungan Verbeek, Sulawesi Tengah.
  6. Gunung Tegak, Lampung.
  7. Cilegon, Banten.
  8. Cilacap, Jawa Tengah.
Baca Artikel  Tambang Batubara di Indonesia

Meskipun sumber daya alam bijih besi di Indonesia cukup besar, penambangan terus menerus akan menghabiskan cadangan bijih besi. Apalagi permintaan bahan baku saat ini semakin meningkat. 




Pemanfaatan

Bijih besi terdiri dari unsur oksigen dan atom besi dalam bentuk magnetit, limonit, hematit, dan goetit. Bijih besi harus melalui proses ekstraksi sebelum dapat digunakan sebagai produk jadi.

Besi biasa digunakan sebagai bahan baku pembuatan baja, tiang rambu lalu lintas, konstruksi bangunan, rangka kendaraan, pipa, dan rel kereta api.

Baca Artikel  Polandia Jadikan Tambang Garam untuk Rehabilitasi Covid

Kesimpulannya, Indonesia memiliki sumber daya bijih besi yang melimpah yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Namun, negara harus mengelola kegiatan penambangan bijih besi dengan sangat berhati-hati untuk memastikan kelestarian sumber daya alam yang berharga ini untuk generasi mendatang.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer