Kamis, April 18, 2024
Berita TambangSektor Tambang Penyokong Utama Perekonomian Bangka Belitung

Sektor Tambang Penyokong Utama Perekonomian Bangka Belitung

Tambang Penyokong Utama Perekonomian Bangka Belitung – Bangka Belitung (Babel) menjadi salah satu dari 10 Provinsi di Indonesia yang mengalami positif pertumbuhan ekonomi di atas 0,99%.

Pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung pada triwulan I 2021 diperkirakan tumbuh menguat dibandingkan triwulan IV 2020 didorong oleh membaiknya konsumsi masyarakat, membaiknya investasi dan meningkatnya kinerja ekspor luar negeri.

Sektor lapangan usaha utama yaitu sektor pertambangan dan penggalian, industri pengolahan dan perdagangan semakin membaik.

Secara keseluruhan tahun, pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung pada tahun 2021 diperkirakan meningkat dari tahun 2020 sebagai dampak pulihnya aktivitas ekonomi masyarakat.

Sektor tambang timah dan perkebunan menjadi penyokong utama tingginya pertumbuhan perekonomian Bangka Belitung.

Baca Artikel  Terobosan PT Kideco Pasang PLTS di Kaltim

Langkah-langkah strategis untuk Indonesia Tumbuh, Masyarakat Tangguh adalah menjunjung semangat untuk dapat bertahan di tengah kondisi masyarakat yang masih dilanda pandemi Covid-19.

Dalam situasi seperti ini, masyarakat harus terus melakukan kegiatan ekonomi yaitu dagang, agar dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari terkhususnya masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Ini didukung oleh adanya dana KUR sampai pada subsidi bunga bagi pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah).

Meskipun tidak diunggulkan dalam pengembangannya, sektor pertambangan merupakan salah satu sektor yang masih menjadi andalan ekonomi masyarakat Bangka Selatan.

Baca Juga: China, Penikmat Terbesar Bauksit Indonesia

Timah merupakan produk andalan di sektor pertambangan. Kontribusi sektor pertambangan khususnya pertambangan timah di Kabupaten Bangka Selatan mencapai 24,37 %.

Baca Artikel  5 Orang Terkaya di Indonesia Berkat Bisnis Batubara

Investasi di sektor pertambangan diarahkan kepada industri pengolahan lanjutan untuk komoditas timah sehingga memberikan nilai tambah bagi daerah.

Disamping timah, beberapa komoditas lain sektor pertambangan antara lain, granit, pasir kuarsa, kaolin, bijih besi, zircon, monasit, tanah liat dan tanah urug.

Seluruh sektor unggulan Bangka Belitung mengalami perbaikan. LU utama yaitu pertanian, kehutanan, dan perikanan tercatat tumbuh positif.

Hal ini didorong oleh membaiknya kinerja perkebunan kelapa sawit, karet dan lada akibat kenaikan harga komoditas perkebunan global.

LU pertambangan, industri pengolahan, dan perdagangan juga tercatat membaik secara year on year meskipun masih mengalami kontraksi.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer