Sabtu, September 18, 2021

Simak 5 Daerah Penghasil Timah Terbesar RI

Sebagai negara kedua penghasil timah terbesar di dunia, daerah-daerah di Indonesia ini dianggap memiliki potensi dan mampu menjadi penghasil timah dalam skala besar.

Secara garis besar, Provinsi Bangka Belitung menjadi daerah penghasil timah terbesar di Indonesia dengan sumber daya bijih timah sebanyak 9,97 miliar ton.

Diikuti oleh Kepulauan Riau dengan sebanyak 813,47 juta ton. Kemudian terdapat Provinsi Riau dengan timah sebanyak 0,22 juta ton dan Kalimantan Barat 0,004 juta ton. 

Kelima daerah penghasil timah terbesar di Indonesia ini disebut sebagai The Indonesian Tin Belt. Lantas daerah mana saja yang menjadi penghasil timah terbesar di Indonesia?

  • Kepulauan Bangka Belitung

Pulau Bangka Belitung merupakan daerah penghasil timah terbesar di Indonesia. Pertambangan timah di daerah ini sendiri telah dimulai sejak ratusan tahun lalu, tepatnya tahun 1711. Daerah ini menyumbang sekitar 90% dari total produksi timah Indonesia. 

Selama ini timah yang berhasil dihasilkan dari daerah ini adalah 100.000 ton. Seiring dengan berjalannya waktu, jumlah timah yang dihasilkan terus mengalami peningkatan. Daerah ini menjadi sangat strategis untuk perdagangan timah dunia.

  • Bangkinang

Berada di Provinsi Riau, Bangkinang yang juga dikenal sebagai Ibu Kota Kabupaten Kampar ini memiliki 8,1% dari cadangan timah Indonesia. Pertambangan timah di daerah ini telah dilakukan sejak tahun 1972 oleh PT Timah.

Sebelum dikelola oleh berbagai perusahaan, dulunya timah di daerah ini telah didulang dengan cara-cara tradisional dan menjadikannya berada pada puncak kejayaan terutama di bidang perekonomian yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

  • Sungai Liat

Sungai Liat merupakan sebuah kecamatan yang berlokasi di Pulau Bangka Belitung. Daerah ini menjadi salah satu daerah pertambangan timah juga menjadi tempat pengawasan bagi efek-efek yang ditimbulkan akibat pertambangan.

  • Dabo

Daerah yang terletak di Kepulauan Riau, Kelurahan Singkep ini menjadi daerah penghasil timah di Indonesia 1992.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Ekstrak Batubara Fenol dan Manfaatnya

Pemerintah melakukan pertambangan di Dabo Akrena meningkat cadangan timahnya yang berlimpah. 

  • Muntok

Sebuah kecamatan di Kabupaten Bangka Barat ini juga menjadi daerah penyimpan “harta karun” timah terbesar di Indonesia sejak masa kolonial. Timah di daerah Muntok diandalkan untuk mengembangkan perekonomian Indonesia.

Pada tahun 2019, daerah yang memiliki dua smelter untuk pemurnian konsentrat ini dapat menghasilkan bijih timah hingga 8.500 ton per tahunnya.

Related Articles

Indonesia
68,942
Total active cases
Updated on September 18, 2021 10:40 am

Latest Articles