Senin, April 15, 2024
Berita TambangSudah Tahu Belum Fungsi Antena Pada Kendaraan Tambang?

Sudah Tahu Belum Fungsi Antena Pada Kendaraan Tambang?

Ketika Anda mengunjungi area pertambangan dan mengamati kendaraan yang ada di sana, pasti Anda akan melihat antena tinggi yang ada pada kendaraan tambang tersebut. Kira-kira apa fungsi dari antena yang terdapat pada kendaraan tambang? Berikut ulasannya.

Antena yang terdapat pada kendaraan tambang ternyata memiliki nama, yakni Buggy Whip. Antena yang terbuat dari sebuah tiang fiber yang pada ujungnya dipasang sebuah bendera reflektif tersebut sangat erat kaitannya dengan segi keamanan dan keselamatan di area tambang. 

Fungsi utama dari antena pada kendaraan tambang adalah sebagai penanda, agar kendaraan yang dipasang Buggy Whip dapat terlihat oleh operator kendaraan besar seperti Mining Dump Truck. Tiang antena tersebut rata-rata memiliki tinggi lebih dari 3 meter, sebisa mungkin menyamai tinggi dari dashboard kendaraan berat.

Baca Artikel  Dump Truck Bakal Jadi Ikon Wisata Baru Sangatta

Baca Juga : Kenali 4 Jenis Alat Berat Untuk Pertambangan

Antena pada kendaraan tambang memiliki fungsi yang sangat penting untuk penanda, mengingat jarak pandang operator alat berat sangat terbatas, khususnya di bagian bawah sekitar bumper alat berat. Jika ada kendaraan berada di depan Dump Truck dan kendaraan tersebut tidak dilengkapi oleh antena, bisa dipastikan kendaraan tersebut akan terlindas truk.

Untuk meningkatkan visibilitas, biasanya bendera yang terdapat pada tiang antena kendaraan tambang dibuat dengan bentuk yang mencolok, serta terbuat dari bahan yang reflektif dan bisa memantulkan cahaya. Bahkan ada yang bisa menyala dalam gelap, sehingga sangat efektif dalam kondisi yang minim cahaya. 

Baca Artikel  Bupati Paser Apresiasi Kideco Atas Bantuan Peralatan LAB

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer