Minggu, Mei 26, 2024
Berita TambangTak Kalah Saing! Pertambangan Kini Menuju Ramah Lingkungan

Tak Kalah Saing! Pertambangan Kini Menuju Ramah Lingkungan

Industri pertambangan tampaknya tak ingin kalah dengan tren penggunaan energi terbarukan. Pasalnya industri pertambangan kini tengah berupaya untuk menuju ke arah industri energi yang bersih dan ramah lingkungan.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, Ridwan Djamaluddin mengatakan bahwa industri pertambangan tak selalu buruk bagi lingkungan karena berkaitan dengan komitmen Indonesia dalam mengimplementasikan Perjanjian Paris dan menjadi tanggung jawab moral bersama kepada komunitas global.

Ridwan tak menepis jika memang selama ini pandangan masyarakat masih buruk. Namun menurutnya, industri pertambangan tersebut tak seburuk yang dibayangkan banyak pihak.

Hal ini mengingat saat ini industri pertambangan juga tengah berupaya menuju arah ramah lingkungan, yakni dengan menghasilkan energi baru terbarukan dan menjadi bagian dari bahan baku untuk teknologi energi terbarukan.

Baca Artikel  Kilas Balik Sejarah Pertambangan dan Energi Tanah Air

Salah satu pemanfaatan tambang untuk menghasilkan energi antara lain melalui nuklir, radioaktif, dan baterai.

Hasil tambang seperti mineral juga akan banyak dimanfaatkan untuk komponen industri infrastruktur dan membangun energi baru terbarukan. 

Tidak hanya itu, pemerintah melalui Kementerian ESDM juga tengah mendorong kegiatan eksplorasi masif untuk mendapatkan sumber bahan baku.

Meskipun di Indonesia sendiri masih dijumpai sederet tantangan terkait eksplorasi dengan konfigurasi geologi di Indonesia. 

Tak selalu buruk bagi lingkungan, tambang Indonesia juga memiliki beberapa jenis mineral kritis yang akhir-akhir ini banyak dibicarakan, seperti pemanfaatan Logam Tanah Jarang (LTJ).

Baca Juga : Ingat! Kegiatan Tambang Harus Perhatikan Lingkungan Hidup

Beberapa perusahaan pertambangan di Indonesia juga tengah menyusun konsep dan teori sebagai bentuk komitmen di dalam mendorong proses industri ramah lingkungan, mulai dari membuat baterai, hingga melakukan diversifikasi produk DME. Perusahaan pertambangan juga memperhatikan masalah lingkungan dan keberlangsungannya.

Baca Artikel  Sejarah Sumur Minyak Pertama Indonesia Gunakan Tenaga Sapi

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer