Minggu, April 14, 2024
Berita TambangTambang Timah, Andalan Destinasi Wisata Belitung Timur di G20

Tambang Timah, Andalan Destinasi Wisata Belitung Timur di G20

tDalam ajang Presidensi G20 nanti, Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan memperkenalkan destinasi wisata sejarah pertambangan bijih timah (Geosite Open Pit Nam Salu). 

Wisata sejarah tersebut akan dipamerkan saat berlangsungnya pertemuan pemimpin anggota G20 di Belitung Timur.

Oleh sebab itu, pemerintah daerah setempat memilih fokus mempromosikan destinasi wisata sejarah pertambangan bijih timah karena memiliki sejarah cukup penting dalam lintas waktu dan lini masa.

Di Indonesia, timah hanya ditemukan di Pulau Bangka, Belitung, Singkep dan Karimun Kundur.

Kehadiran penambangan timah ratusan tahun yang lalu menyisakan bekas-bekas tambang yang mempunyai dampak signifikan dalam perkembangan sosial, budaya, ekonomi dan pariwisata.

Baca Artikel  512 Tambang Timah Siap Hasilkan Harta Karun Langka, Apa Itu?

Melihat dari jejak sejarah, Geosite Open Pit Nam Salu merupakan destinasi wisata sejarah tambang timah terbuka yang terdalam dan terbesar di Asia Tenggara, yaitu sekitar 100 meter, yang memiliki kawah besar berwarna hijau dan gua bekas penambangan.

Geosite yang berlokasi di Desa Senyubok, Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur ini sudah beroperasi dari 1980-1993 dan menghasilkan 500 ribu ton bijih timah dengan kadar 2 persen. Ini merupakan endapan bijih timah primer terbesar dalam satu cebakan yg pernah ditemukan.

Baca Juga: Top! Laris Manis, Harga Timah Naik 7 Hari Beruntun

Sejarah Open Pit ini tidak lepas dari pertambangan biji timah yang pada awalnya dilakukan oleh Belanda, dengan mendatangkan buruh tambang dan menggalinya hingga membentuk cekungan yang dalam. 

Baca Artikel  Siap-siap, Tarif Royalti Timah Bakal Naik! Ini Bocorannya

Badan Pengelola Geopark Pulau Belitung sudah mengajukan anggaran rencana pengembangan Geopark untuk membangun sarana pendukung objek pariwisata prioritas di 5 geosite di Kabupaten Beltim, salah satunya Open Pit. Masyarakat setempat juga mendukung upaya pemerintah tersebut. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer