Jumat, Agustus 6, 2021

World Coal Association dan Keberlanjutan Batubara Dunia

Asosiasi Batubara Dunia atau World Coal Association (WCA) adalah jaringan global untuk industri batubara yang memainkan peran dalam mencapai masa depan energi rendah karbon yang berkelanjutan.

Di tengah usaha untuk mencari cara untuk mengurangi karbon, WCA sebagai asosiasi yang menangani batubara memainkan peran yang begitu penting. 

WCA melihat batubara sebagai sumber daya yang vital, strategis, dan ekonomis bagi dunia karena saat ini, sekitar 40% listrik dunia bersumber dari batubara.

Hal tersebut diungkapkan oleh Mantan Kepala Eksekutif WCA, Benjamin Sporton yang mengatakan bahwa batubara masih menjadi energi yang penting untuk pembuatan baja dan semen serta produk lainnya.

Tidak hanya itu, Benjamin juga menyatakan batubara merupakan sumber daya yang strategis dan ekonomis, terutama dalam mengembangkan ekonomi di negara-negara berkembang.

Industri batubara memang sering didominasi dan dibayang-bayangi oleh isu tentang perubahan iklim.

Hal inilah yang mendorong WCA untuk mendapatkan manfaat strategis dari batubara sambil mengatasi masalah isu lingkungan yang menyertainya.

Teknologi menjadi pendorong utama dalam mencapai tujuan WCA dan WCA sangat berupaya untuk menerapkan teknologi dengan efisiensi tinggi dan rendah emisi, serta solusi penangkapan dan penyimpanan karbon.

Untuk menciptakan tujuan dari keberlanjutan batubara yang rendah emisi dengan memanfaatkan teknologi, WCA melakukan empat tujuan inti strategis yakni masalah pengaruh dan keterlibatan, pemberdayaan ekonomi, pemenuhan tantangan lingkungan, serta membangun masyarakat yang berkelanjutan.

WCA yang beranggotakan perusahaan dan organisasi nirlaba yang bergerak di industri batubara seluruh dunia ini bertanggung jawab untuk menghubungkan seluruh anggota jaringannya ke Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), atau asosiasi regional lainnya yang menciptakan kerjasama yang lebih besar di seluruh dunia. 

Baca Juga: Kenapa Sih Batubara Penting Bagi Kehidupan Kita?

Contoh peranan WCA adalah dengan membangun kerjasama WCA dengan ASEAN Center for Energy (ACE) untuk mempercepat strategi dan kebijakan energi di 10 negara anggota ASEAN yang selaras dengan pertumbuhan ekonomi dan kelestarian lingkungan.

Dalam menjawab tantangan mengenai isu yang menerpa industri batubara, WCA terus berupaya untuk mengubah persepsi tentang batubara dan menunjukkan bahwa batubara dapat menjadi kontributor utama bagi ekonomi rendah karbon tersebut.

Tidak hanya itu, WCA juga bekerja sama dengan negara-negara yang menjadikan industri batubara sebagai tonggak pertumbuhan masa depan mereka untuk menerapkan teknologi dan solusi penangkapan dan penyimpanan karbon ke dalam implementasi Perjanjian Paris. 

Dengan berbagai upaya yang telah WCA lakukan, WCA memiliki kontribusi penting bagi keberlanjutan industri batubara di tengah terpaan isu negatif terkait dengan permasalahan batubara dengan lingkungan.

Related Articles

Indonesia
518,310
Total active cases
Updated on August 6, 2021 3:11 am

Latest Articles