Minggu, Februari 25, 2024
Berita TambangYuk Kenali 5 Jenis Dump Truck dan Perbedaannya!

Yuk Kenali 5 Jenis Dump Truck dan Perbedaannya!

ilmutambang.com – Dump truck adalah alat berat untuk memindahkan material untuk jarak menengah sampai jauh. Dump truck memudahkan angkut-mengangkut barang dengan bobot yang berat. Dengan adanya dump truck pekerjaan menjadi lebih cepat terselesaikan. Dump Truck juga memiliki Berbagai Jenis dan ukuran.

Sebuah dump truck memiliki ciri yang khas dilengkapi dengan piranti pembantu hidrolik yang terpasang di bawah bak dump truck dalam posisi tidur dengan bagian belakang berengsel, bagian depan bak yang dapat diangkat memungkinkan isi yang di bawa dalam bak dump truck dengan mudah di turunkan di belakang truk di lokasi pengiriman.

Baca Artikel  Catat! Ini 3 Faktor Kecelakaan Alat Berat di Pertambangan

Penasaran kan apa saja jenis dump truck yang biasa ada di pertambangan? Yuk simak di bawah ya detailnya:

  1. Truk Standar

Pertama adalah dump truk standar dengan bak yang terpasang di atas sasis truk dan dengan sumbu roda pendek. Truk model ini biasanya dilengkapi dengan gandar tambahan di depan dan belakang. Juga dilengkapi dengan lift hidrolik vertikal untuk memudahkan dalam memuntahkan muatan keluar.

  1. Dump Truck Transfer 

Kedua adalah dump truk transfer, yaitu truk standar dengan trailer terpisah. Sehingga kapasitas pengangkutan bisa bertambah, namun kemampuan bermanuver rendah. Umumnya truk ini digunakan untuk mengangkut aspal, kerikil dan material lainnya. 

Baca Artikel  Trik Jitu Cepat Diterima di Perusahaan Tambang Impian
  1. Dump Truck Semi Trailer

Ketiga adalah dump truck semi trailer, yaitu truk tiga sumbu roda dengan dua trailer yang terpasang. Biasanya dilengkapi juga dengan mekanisme hidrolik. Jenis ini biasanya digunakan untuk mengangkut tumpukan material secara vertikal.  

  1. Dump Truk Double/Triple Trailer

Keempat adalah dump truk double/triple trailer, yaitu truk yang menarik satu single axle semi trailer dan trailer tambahan. Truk ini cocok untuk mengangkut material yang harus diangkut secara bersama. 

  1. Dump Truck Super 

Kelima adalah dump truk super dilengkapi dengan poros belakang yang dapat digerakkan sekaligus menahan beban yang dibawa. Truk ini cocok digunakan untuk pekerjaan berat dengan daya muat mencapai 13.000 lbs 

Baca Artikel  Kisah Wanita Tangguh Indonesia Bekerja di Tambang Australia

Konstruksi truk ini kokoh dan ditopang penggerak roda belakang. Truk haul memiliki kapasitas pengangkutan yang sangat besar. BELAZ 75710 dengan daya angkut 450 metric ton merupakan truk haul terbesar yang pernah diproduksi.

Itulah informasi beberapa model atau jenis dump truk yang digunakan dalam berbagai kegiatan industri. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer