Minggu, Juni 16, 2024
MinerbaBatubara7 Perusahaan Tambang Terbesar di Indonesia, Kideco Masuk?

7 Perusahaan Tambang Terbesar di Indonesia, Kideco Masuk?

Perusahaan tambang di Indonesia menjadi salah satu sektor terpenting yang menunjang kehidupan negara. Perusahaan tambang memproduksi sumber daya alam dan mineral, seperti bahan bakar, mineral logam dan bebatuan. 

Terdapat ratusan perusahaan tambang di Indonesia yang menyumbang pembangunan bangsa ini. Berikut beberapa 7 perusahaan tambang terbesar di Indonesia, yang perlu diketahui.

1. PT Pertamina (Persero)

PT Pertamina (Persero) perusahaan yang bergerak di bidang industri minyak dan gas terbesar di Indonesia ini berdiri sejak 10 Desember 1957.

Pertamina mengelola tujuh kilang minyak dengan total kapasitas 1.051,7 MBSD, memiliki pabrik petrokimia dengan total kapasitas 1.507.950 ton per tahun, dan pabrik LPG dengan total kapasitas 102,3 juta ton per tahun.

Bayangkan jika kalian lulusan SMK bekerja di perusahaan energi seperti pertamina ini.

2. PT Kaltim Prima Coal

PT Kaltim Prima Coal merupakan salah satu perusahaan tambang batubara tertua dan terbesar di Indonesia berdiri sejak tahun 1982.

Baca Artikel  Melalui Green Mining, Lingkungan Pertambangan Menjadi Lebih Terjaga

Pada tahun 2003, kepemilikan perusahaan ini berpindah tangan kepada PT Bumi Resources Tbk (BUMI) dengan kepemilikan 100%. PT Kaltim Prima Coal memiliki lahan tambang batubara seluas 84.938 hektar, 4.500 karyawan dan lebih dari 20.000 karyawan di bagian kontraktor.

Selain itu, PT Kaltim Prima Coal PLTU berkapasitas 3×15 MW dan 2×5 MW. Sementara PLTU 18 MW diberikan kepada pihak PLN bagi penerangan dan listrik warga Sangatta. Pada 2018, perseroan ini berhasil memproduksi sebanyak 58 juta ton batubara, tahun 2019 sebanyak 62 ton, dan pada tahun ini juga diprediksi akan naik.

3. PT Freeport Indonesia

PT Freeport Indonesia yang berdiri pada 7 April 1967 ini mengelola tambang Grasberg, tambang emas terbesar di dunia dan tambang tembaga ketiga terbesar di dunia. 51% saham Freeport telah diambil Pemerintah Indonesia dengan tebusan sebesar Rp 56,1 triliun.

Baca Artikel  Ini 5 Hasil Tambang yang Memiliki Banyak Manfaat, Simak Di Sini Yuk!

Baca Juga: Tertarik Kerja di Perusahaan Tambang? Simak 5 Faktanya

4. PT Vale Indonesia Tbk

PT Vale Indonesia Tbk berkecimpung di industri pertambangan nikel yang memiliki lahan operasi perseroan seluas 118.017 hektar meliputi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara.

5. PT Agincourt Resource

PT Agincourt Resource memiliki tambang emas Martabe yang luasnya mencapai 130.300 hektar di pesisir barat Provinsi Sumatera Utara. Kapasitas operasi di Martabe mencapai lebih dari 5,5 juta ton bijih per tahun dan mampu menghasilkan 350.000 ounce emas serta 2-3 ounce perak per tahun.

6. PT Adaro Indonesia

PT Adaro Indonesia merupakan salah satu perusahaan batubara terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1966 dan mendapat konsesi dari Pemerintah Indonesia di wilayah di Kalimantan Selatan. Adaro Indonesia memiliki tiga pertambangan, yaitu Tutupan, Paringin dan Wara.

Baca Artikel  Penasaran Daerah Penghasil Nikel Indonesia Ada Di Mana?

7. PT Kideco Jaya Agung

PT Kideco Jaya Agung mulai beroperasi sejak 1982 dan memiliki konsesi tambang batubara seluas 47.500 hektar (Ha) yang terletak di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Kideco Jaya Agung memproyeksikan produksi batubara sebesar 30 juta ton pada 2021. Untuk diketahui, gaji karyawan batubara itu minimal Rp10 Juta per bulan.

Itu dia delapan perusahaan tambang terbesar yang ada di Tanah Air. Beberapa di antaranya itu daerah operasionalnya ada di Kalimantan, khususnya pertambangan batubara. Jadi kamu tertarik masuk ke perusahaan yang mana nih Kawan?

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer