Minggu, April 14, 2024
Berita TambangDi Balik Gaji Besar! Inilah Suka Duka jadi Anak Tambang

Di Balik Gaji Besar! Inilah Suka Duka jadi Anak Tambang

ilmutambang.com – Bagi kamu yang memiliki cita-cita menjadi anak tambang yang profesional, maka terlebih dahulu kamu wajib mengetahui suka dan duka kehidupan yang ada di pertambangan.

Pasalnya, mempunyai ambisi yang sesaat saja tidak cukup. Sektor ini benar-benar menuntut dan menempah orang-orang yang memang tahan banting terhadap tantangan dan risiko.

Kendati demikian, kamu tak perlu khawatir dengan segala duka yang ada di lapangan. Sebagai orang yang memang memiliki passion di industri tambang, tidak menutup kemungkinan kamu bisa diterima di perusahaan tambang ternama.

Pada akhirnya suka dan duka menjadi perpaduan yang memang akan selalu ditemukan di berbagai pekerjaan.

Baca Artikel  Macam-macam Outfit Keren Anak Tambang yang Harus Diketahui!

Berikut dituliskan suka dan duka jadi anak tambang, sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber.

Bang Toyib

Menjadi pekerja tambang kerap dijuluki sebagai bang toyib. Hal ini dikarenakan intensitas pulang kerja ke rumah yang sangat jarang. Kendati demikian umumnya sebutan ini berlaku untuk laki-laki. Namun, bukan berarti perempuan tidak memiliki peranan penting di sektor tambang. Para perempuan tangguh biasanya ditugaskan di tempat yang lebih menantang.

Semua tanggal di kalender pekerja tambang adalah hitam

Selain itu, yang menjadi tantangan ketika berada di industri ini jangan harap kamu mendapatkan cuti panjang atau layaknya anak kantoran. Pekerja tambang tidak mengenal tanggal merah di kalender, bahkan hari Minggu pun tetap menjalankan tugas. Hal ini karena pekerja tambang di site memakai sistem roster, yaitu penerapan beberapa lama waktu kerja dan berapa lama waktu cuti, yang pada umumnya adalah 8:2, yang artinya 8 minggu kerja dan 2 minggu cuti.

Baca Juga : Simak Kisah Pekerja Tambang Menjalani Puasa Ramadan

Ditempatkan di Daerah Terpencil

Sudah menjadi rahasia umum jika lokasi pertambangan ada di daerah terpencil. Mulai dari pembukaan lahan, pembuatan jalan hauling, hingga didirikan bangunan tempat tinggal pekerja tambang. Meski demikian, fasilitas pekerja tambang tidak kalah bagusnya dengan orang-orang yang kerja kantoran di daerah kota.

Tamu Dadakan

Menjadi pekerja tambang harus siap siaga terhadap panggilan meeting atau keperluan lain di tengah malam.

Rindu masakan rumah

Meski masakan di site sangat lezat, biasanya pekerja tambang lebih merindukan masakan rumah yang tidak ada tandingannya, terlebih lagi suasana makan bersama keluarga.

Pemimpin Tertinggi di lokasi tambang adalah KTT

Kepala Teknik Tambang (KTT) adalah orang nomor satu di site yang membawahi beberapa bidang/departemen.

APD sahabat pekerja tambang

Pekerja tambang yang siap kerja dengan seragam lengkap menunjukkan jati diri pekerja tambang yang memukau. Mulai dari safety helmet, safety shoes, dan safety rompi, dan perlengkapan lainnya.

Baca Artikel  Sepatu Safety Tambang, Kenapa Diperlukan Saat Bekerja di Tambang?

Tempat  belajar menyetir otodidak

Sukanya menjadi anak tambang kamu memiliki kesempatan untuk belajar menyetir di lokasi tambang. Selain memantapkan keahlian tentunya hal ini menjadi pengalaman yang berharga yang kamu dapatkan.

Gaji yang tidak diragukan lagi

Pekerja tambang adalah salah satu sektor dengan gaji tertinggi di Indonesia. Gaji menjadi alasan utama kebanyakan pekerja tambang memilih sektor ini.

Jokowi dalam acara IMA Award 2019 pernah mengatakan, banyak orang kaya di dunia bahkan di Indonesia merupakan pelaku usaha dari‎ sektor pertambangan. Dia pun menyebut pengusaha tambang yang hadir merupakan orang kaya.

Menantu idaman

Tak jarang karena sektor tambang yang menjanjikan para calon mertua akan memberikan SIM (Surat Izin Menikah) untuk menantu idaman. Jika menantu mapan, memiliki niat baik, dan menekuni pekerjaannya, niscaya hati calon mertua akan luluh dan memberikan persetujuan kepada kamu. 

Baca Artikel  Dampak Perang Rusia-Ukraina Terhadap Sektor Tambang Indonesia

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer