Selasa, Juni 15, 2021

Di Balik Gaji Besar! Inilah Suka Duka jadi Anak Tambang

Bagi kamu yang memiliki cita-cita menjadi anak tambang yang profesional, maka terlebih dahulu kamu wajib mengetahui suka dan duka kehidupan yang ada di pertambangan. Pasalnya, mempunyai ambisi yang sesaat saja tidak cukup. Sektor ini benar-benar menuntut dan menempah orang-orang yang memang tahan banting terhadap tantangan dan risiko.

Kendati demikian, kamu tak perlu khawatir dengan segala duka yang ada di lapangan. Sebagai orang yang memang memiliki passion di industri tambang, tidak menutup kemungkinan kamu bisa diterima di perusahaan tambang ternama. Pada akhirnya suka dan duka menjadi perpaduan yang memang akan selalu ditemukan di berbagai pekerjaan.

Berikut dituliskan suka dan duka jadi anak tambang, sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber.

Bang Toyib

Menjadi pekerja tambang kerap dijuluki sebagai bang toyib. Hal ini dikarenakan intensitas pulang kerja ke rumah yang sangat jarang. Kendati demikian umumnya sebutan ini berlaku untuk laki-laki. Namun, bukan berarti perempuan tidak memiliki peranan penting di sektor tambang. Para perempuan tangguh biasanya ditugaskan di tempat yang lebih menantang.

Semua tanggal di kalender pekerja tambang adalah hitam

Selain itu, yang menjadi tantangan ketika berada di industri ini jangan harap kamu mendapatkan cuti panjang atau layaknya anak kantoran. Pekerja tambang tidak mengenal tanggal merah di kalender, bahkan hari Minggu pun tetap menjalankan tugas. Hal ini karena pekerja tambang di site memakai sistem roster, yaitu penerapan beberapa lama waktu kerja dan berapa lama waktu cuti, yang pada umumnya adalah 8:2, yang artinya 8 minggu kerja dan 2 minggu cuti.

Baca Juga : Simak Kisah Pekerja Tambang Menjalani Puasa Ramadan

Ditempatkan di Daerah Terpencil

Sudah menjadi rahasia umum jika lokasi pertambangan ada di daerah terpencil. Mulai dari pembukaan lahan, pembuatan jalan hauling, hingga didirikan bangunan tempat tinggal pekerja tambang. Meski demikian, fasilitas pekerja tambang tidak kalah bagusnya dengan orang-orang yang kerja kantoran di daerah kota.

Related Articles

Indonesia
115,197
Total active cases
Updated on June 15, 2021 3:06 am

Latest Articles