Kamis, Juli 25, 2024
Berita TambangIntip yuk 6 Fakta Menarik Seputar Barang Tambang

Intip yuk 6 Fakta Menarik Seputar Barang Tambang

Berbicara seputar barang tambang dan fakta menarik yang ada di dalamnya, maka tidak lepas dari negara mana saja yang menjadi produsen utama dalam menjalankan peranan komoditas tambang tersebut.

Indonesia menjadi salah satu negara yang memegang andil penting dalam industri pertambangan karena wilayahnya dikarunia dengan sumber daya alam yang melimpah, terutama dalam dalam kekayaan alam pertambangan. Berbagai barang tambang yang tersebar dari Sabang sampai Merauke seperti batubara, mineral, hingga minyak gas dan bumi.

Namun, tahukah kamu, dalam barang tambang berharga terdapat 6 fakta menarik yang  harus diketahui masyarakat luas. Yuk simak ulasannya.

1. Barang tambang terdapat hampir pada semua benda yang dipakai di kehidupan sehari-hari

Baca Artikel  Intip Yuk Sekolah Pertambangan Tertua di Dunia

Tidak terbantahkan lagi jika barang-barang yang kita pakai sehari-hari hampir semuanya terbuat dari barang tambang. Mulai dari meja makan di dapur, terdapat gelas, sendok, dan sendok yang berasal dari barang tambang. Lebih dekatnya, telepon genggam yang kita miliki saat ini adalah hasil dari material tambang.

2. Butuh proses yang panjang mengolah barang tambang jadi bermanfaat

Bekerja di sektor tampang dihadapkan denagn risiko yang tinggi. Para pekerja di lapangan dituntut memahami tahapan penambangan hingga menghasilkan material yang bernilai. Proses pengambilan barang tambang sampai membuatnya berguna bagi banyak orang memang memakan waktu yang sangat panjang.

3. Barang tambang hanya tersedia pada daerah tertentu

Baca Artikel  Menteri BUMN, Erick Thohir Dorong Gasifikasi Batubara

Barang tambang mungkin saja terdapat di berbagai daerah, namun tidak semua komoditas tersebut ekonomis untuk diproduksi. 

4. Ilmu pertambangan mencakup semua bidang keilmuan

Salah dua keunikan dari barang tambang adalah bahwa ilmu pertambangan itu mencakup bidang keilmuan yang luas. Seperti ilmu ekonomi, teknologi hingga ilmu sosial, semuanya terintegrasi dengan ilmu pertambangan.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Cara Kerja Tambang Tradisional

5. Memiliki produk lain tapi jarang ‘dilirik’

Meski barang tambang seperti batubara populer di tengah-tengah masyarakat, nyatanya banyak orang yang belum tahu jika barang tambang beraneka ragam hasil dan pemanfaatannya di berbagai sektor. 

6. Masyarakat kerap kali salah persepsi

Di pandangan masyarakat, aktivitas tambang identik dengan merusak lingkungan saja. Padahal, jika memahami secara keseluruhan dan saksama, operasi tambang sangat penting dalam pemenuhan kebutuhan manusia sehari-hari.

Baca Artikel  Batubara, Penopang Utama Ekspor Indonesia Februari 2022

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer