Minggu, April 14, 2024
Berita TambangKeren! 5 Aplikasi ini Sering Dipakai Pekerja Tambang

Keren! 5 Aplikasi ini Sering Dipakai Pekerja Tambang

Dalam mewujudkan good mining practice, para pekerja tambang diwajibkan untuk adaptif terhadap pemanfaatan teknologi masa kini, yang salah satunya dapat dilihat dari berbagai penggunaan aplikasi yang ada di sektor pertambangan.

Pemanfaatan aplikasi ini sebelumnya merupakan instruksi dari Permen ESDM No.26 Tahun 2018 Pasal 3, yang menjelaskan pentingnya pemanfaatan dan penerapan teknologi dalam operasi tambang. 

Selain itu, adanya teknologi atau aplikasi ini akan membuat pekerjaan eksplorasi dan produksi lebih efisien dan efektif. Maka dari itu, tidak heran jika banyak perusahaan pertambangan mencantumkan kemampuan operasi teknologi/aplikasi di salah satu syarat kualifikasi lowongan kerja yang sedang dibuka. 

Untuk semakin mengenali dan  memahaminya, berikut dituliskan 5 aplikasi yang sering dipakai para pekerja tambang.

  1. ArcGIS
Baca Artikel  Penasaran Gimana Cara Penambangan Bijih Timah? Simak Disini!

Aplikasi ArcGis merupakan temuan ESRI (Environment Science and Research Institute) di California. Aplikasi ini berkaitan dengan kegiatan sistem informasi geografis. Dalam penggunaannya,  ArcGis  mempunyai fitur penting seperti untuk kegiatan pembuatan tampilan peta, pengumpulan data lapangan, dan data spasial.  

  1. Leapfrog Geo

Leapfrog Geo adalah produk aplikasi dari perusahaan Seequent. Aplikasi ini dapat digunakan untuk pemodelan geologi dalam bentuk 3 dimensi. Selain itu, fitur penting aplikasi Leapfrog Geo adalah estimasi sumber daya dalam suatu model geologi.

  1. Surpac

Surpac merupakan aplikasi pemodelan sumber daya dan perencanaan tambang. Fitur utama  dalam aplikasi ini mencakup pembuatan desain pit untuk mempermudah perencanaan tambang. Selain itu, di dalam aplikasi ini terdapat fitur perhitungan volume dan system grade control.

  1. Micromine
Baca Artikel  Ini Alasan Kenapa Ekskavator Tak Pakai Ban!

Micromine adalah salah satu produk dari perusahaan yang berada di Australia Barat yang mengusung slogan Intuitive Mining Solution. Fungsi micromine adalah sebagai solusi eksplorasi dan desain tambang. Di samping itu, micromine juga menawarkan fasilitas untuk pemodelan, estimasi, desain, optimasi, dan scheduling.

Baca Juga : Ini Jenis Training Pekerja Tambang yang Mesti Dipahami

  1. Geoslope

Aplikasi Geoslope bisa digunakan untuk menganalisis kestabilan lereng. Selain itu, dalam bentukannya, aplikasi ini masuk  dalam kategori  aplikasi modern khusus yang dipakai untuk pemodelan geoteknik dan lingkungan yang ada selama kurang lebih 40 tahun. 

Dalam dunia pertambangan, aplikasi ini bisa membantu desain ekskavasi dan tambang terbuka. Aplikasi Geoslope merupakan satu naungan dengan Leapfrog Geo di bawah Seequent Limited yang berpangkalan di Kanada.

Baca Artikel  Dukung Transisi Energi! Holding Kideco Bangun PLTS

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer