Selasa, Juni 15, 2021

Wow! Sejarah Uang Logam ada Kaitanya dengan Tambang loh

Sejarah uang logam atau uang koin yang ada di indonesia tidak lepas kaitannya dari  industri tambang, mengingat bahan dasar pembuatan logam berasal dari kegiatan pertambangan. Namun, ada yang unik dari kedua hubungan ini, yakni sebuah perjalanan panjang yang membuat uang logam itu sendiri memiliki nilai dan bentuk yang berbeda-beda sepanjang masa.

Di Indonesia keberadaan logam ada sejak 800-1600 Masehi. Pada masa itu, uang logam masih menggunakan koin emas dan perak. Selain itu, uang logam hanya digunakan untuk alat tukar. Kemudian, seiring berjalannya waktu koin emas dan perak sebagai alat tukar ditinggalkan karena tidak seluruh barang punya nilai sama dan kesepakatan semakin sulit didapatkan dari kedua belah pihak. 

Mengatasi keadaan tersebut, kolonial Belanda pun mengeluarkan uang logam bernilai ½ – 1 duit sekitar tahun 1700 an. Penggunaan dan perkembangan uang in terus berlanjut hingga tahun 1945. Namun, di tahun ini pula penerbitan mata uang logam dengan nominal ½ t dihentikan.

Baca Juga : Sarat Sejarah! 7 Fakta Menarik Tambang Batubara Ombilin

Selanjutnya, Indonesia pun mulai memproduksi uang logamnya sendiri dengan mata uang sen yang memiliki nominal 1 sen.  Untuk mata uang rupiah ada di uang logam pada  tahun 1970 dengan nominal Rp2. Lalu terakhir di tahun 2016 dengan nominal Rp 1000.  Melihat perkembangannya dalam catatan sejarah, bentuk dan desain uang logam sebetulnya dibuat berdasarkan kearifan lokal tiap daerah.

Related Articles

Indonesia
115,197
Total active cases
Updated on June 15, 2021 6:12 am

Latest Articles